Tuntaskan Jiwasraya, Ini Strategi Sri Mulyani & Erick Thohir

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
21 December 2019 19:21
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku terus berkomunikasi dengan Menteri BUMN Erick Tohir untuk menangani masalah asuransi Jiwasraya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku terus berkomunikasi dengan Menteri BUMN Erick Tohir untuk menangani masalah asuransi Jiwasraya.

Pihaknya akan melihat kasus ini secara luas, baik menyangkut sisi keuangan dan sisi hukum sebab ini menyangkut kepercayaan publik terhadap perusahaan yang dimiliki negara.

"Persoalannya memang sangat besar dan sangat serius. Jadi kita juga akan melihat dari semua segi."


"Dari sisi keuangannya sendiri, neraca-neracanyanya, kewajiban-kewajiban yang sudah jatuh tempo dan bagaimana kita akan mengatasinya. Ini sedang dan terus diformulasikan oleh kementerian BUMN untuk dikoordinasikan dengan kami," kata Sri Mulyani di gedung BPPT, Jakarta, Sabtu (21/12/2019).


Sementara dari segi hukum, Sri Mulyani menyerahkan sepenuhnya pada Kejaksaan Agung. Menurutnya, Kejagung sedang melakukan penelitian untuk kasus Jiwasraya.

"Kalau ditengarai adanya pelanggaran apakah itu dari sisi tata kelola perusahaan, entah itu dr sisi keputusan, entah itu sifatnya perdata atau pidana kami serahkan semuanya kepada bapak Jaksa Agung dan timnya yang sekarang sedang melakukan penelitian," ucapnya.

Ia berharap penanganan segera dilakukan, apalagi dirinya dan Erick Tohir telah dipanggil Komisi VI dan Komisi XI DPR RI. Elemen yang berkaitan dengan keuangan akan terlibat dalam menangani kasus ini.


"Komisi VI dan Komisi XI DPR RI sudah memanggil Pak Erick dan saya dan mereka juga mendorong agar pemerintah melakukan penanganan. Jadi secara politik kita sudah diminta oleh DPR untuk melakukan penanganan."

"Kita akan coba terus melakukan formulasi langkah-langkah itu. Tentu Pak Menteri BUMN sebagai kuasa pemegang untuk pengurusan BUMN, kuasa pemegang sahamnya, atas nama pemerintah akan bisa memformulasikan langkah-langkah tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading