Internasional

Menang Banyak Pemilu Inggris, PM Johnson Dapat Selamat Trump

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
13 December 2019 15:24
Menang Banyak Pemilu Inggris, PM Johnson Dapat Selamat Trump
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberi selamat pada Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson atas kemenangan besar di pemilu yang berlangsung Kamis (12/12/2019). Johnson sempat menggantikan Theresa Mary May yang mundur beberapa waktu lalu.

Hal ini diutarakan dalam akun Twitter pribadinya @realDonaldTrump.


"Selamat Boris Johnson atas KEMENANGAN besarnya," tulisnya.


"Inggris dan AS sekarang kini bebas untuk mencapai Kesepakatan Perdagangan baru yang besar setelah BREXIT. Kesepakatan ini memiliki potensi untuk menjadi jauh lebih besar dan lebih menguntungkan daripada kesepakatan apa pun yang dapat dibuat dengan Uni Eropa. Merayakan Boris!"


Boris Johnson dipastikan kembali menduduki Downing Street, setelah partainya mendapat kemenangan besar di Pemilu Inggris.

Perkiraan BBC, Partai Konservatif yang dipimpin Johnson mendapat 364 suara, sementara oposisi Partai Buruh hanya 203 suara.

Partai Nasional Skotlandia (SNP) memperoleh 48 suara, Demokrat Liberal 12 suara, Plaid Cymru empat suara, sedangkan Partai Hijau dan Partai Brexit masing-masing satu suara.


Sikap Johnson sendiri jelas terkait Brexit bahwa dirinya akan menunaikan mandat Inggris keluar dari Uni Eropa. Sesuai jadwal terbaru, Inggris akan resmi meninggalkan Uni Eropa 31 Januari 2020.

Sebelumnya, Johnson memang akrab dengan Trump. Bahkan ia menjanjikan akan adanya perjanjian dagang khusus antara Inggris dan AS, jika negara kerjaan itu sudah resmi keluar dari Uni Eropa.

Saat pertemuan negara-negara The North Atlantic Treaty Organization (NATO) digelar awal Desember, Trump kerap menyanjung Johnson. Ia mengatakan Johnson merupakan seseorang yang sangat mumpuni di bidangnya.

[Gambas:Video CNBC]






(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading