Soal Bos Baru PLN, Luhut: Rudiantara Itu Orang Paten!

News - Monica Wareza & Anisatul Umah, CNBC Indonesia
10 December 2019 11:48
Soal Bos Baru PLN, Luhut: Rudiantara Itu Orang Paten!
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tak sungkan menunjukkan dukungannya untuk penunjukan Rudiantara sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero). 

Ia mengatakan penetapan Rudiantara menjadi bos di perusahaan setrum pelat merah itu tinggal menunggu Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) saja. "Pak Rudiantara kan orang paten," dukung Luhut soal terpilihnya Rudiantara, Selasa (10/12/2019).

Di tempat terpisah, staf khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menjelaskan sampai saat ini belum ada jadwal RUPS untuk PLN. "Masih menunggu, belum ada jadwalnya," kata dia.


Namun, ia memastikan RUPS akan digelar pada tahun ini dan secepatnya. Ia juga mengabarkan akan adanya posisi wakil direktur utama di tubuh PLN baru nanti. "Ada, bisa dari internal bisa dari eksternal," bocoran Arya.



Ia juga menjelaskan perombakan direksi ini merupakan amanat dari Presiden Joko Widodo yang coba diwujudkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Salah satu target utamanya adalah untuk penuntasan program 35 ribu Megawatt.

"Mengejar energy security, salah satu strateginya itu," kata dia.

Sebelumnya, untuk posisi wadirut PLN disebut-sebut akan diisi oleh Darmawan Prasodjo yang kini menjabat sebagai salah satu komisaris di perusahaan setrum negara.

Dihubungi terpisah, Darmawan Prasodjo mengaku belum tahu soal penunjukkannya menjadi wadirut oleh Kementerian BUMN. "Saya malah belum dengar," katanya. Namun, ia mengucapkan terima kasih dan masih menunggu kepastian resmi dari pemerintah soal statusnya ini.



Kementerian BUMN hanya memastikan bahwa memang akan ada posisi wadirut di PLN, meski belum mau mengungkap siapa yang akan duduk di kursi tersebut. "Banyak yang dirombak, ada wadirut juga," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga soal susunan direksi PLN terbaru.

Pertimbangan Kementerian BUMN memutuskan ada wadirut di tubuh PLN salah satunya adalah perkuatan untuk tubuh perseroan yang diproyeksi memiliki banyak isu ke depannya.

"Seperti isu untuk kurangi impor, energi terbarukan dan sebagainya, dan memperkuat saja supaya bagus," kata Arya.

Soal Bos Baru PLN, Luhut: Rudiantara Itu Orang Paten!Foto: Infografis/Jejak Perjalanan Karir Rudiantara "Sang Dirut PLN baru"/Aristya Rahadian krisabella
(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading