Swasta vs Pertamina Berebut Jual Avtur, Ini Kata Erick Thohir

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
04 December 2019 12:18
Swasta vs Pertamina Berebut Jual Avtur, Ini Kata Erick Thohir
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir angkat bicara terkait wacana masuknya swasta untuk berbisnis avtur di Indonesia. Dia mengaku tak mempersoalkan masuknya swasta jadi pesaing Pertamina.

Namun, ada syarat yang harus diperhatikan. Erick Thohir menegaskan, jangan sampai swasta masuk hanya untuk mendapatkan lisensi impor saja.

"Kalau swasta yang produksi avtur welcome saja. Yang tidak boleh cuma minta lisensi impor akhirnya nanti kami-kami yang di BUMN atau di kementerian, banyak ditugaskan menekan impor migas tapi di pihak lainnya malah impor terus akhirnya kami yang disalahkan lagi," kata Erick Thohir di Jakarta, Rabu (4/12/2019).


Terkait monopoli avtur yang dilakukan Pertamina, dia mengatakan, Kementerian BUMN selalu membuka peluang swasta untuk bersaing. Erick Thohir lantas memberi contoh yang telah dilakukan di sektor lain.



"Kemarin contoh di Patimban pak Presiden sudah menyerahkan swasta 100%. Dari BUMN Pelindo tidak boleh ikut. Ya tidak ada masalah karena memang Pelindo banyak kerjaan lain," tuturnya.

Mengenai upaya menekan harga avtur agar lebih murah, Erick Thohir bilang bahwa direksi Pertamina dan pihak maskapai lebih tahu. Yang jelas dia menekankan, swasta boleh masuk untuk produksi avtur, tidak sekadar impor.

Artinya, dia melanjutkan, keterlibatan swasta musti dari hulu ke hilir. Dia ingin avtur diproduksi dan diolah di dalam negeri.

Terlebih, sekarang sudah banyak peluang dari sisi bahan baku dengan adanya B30 yang juga bisa dijadikan avtur.

"Tinggal benar-benar mau enggak melakukannya. Karena jangan hanya shortcut, sekedar hanya mencari keuntungan tapi akhirnya kembali merugikan secara keseluruhan konsep yang sedang dibangun oleh bapak presiden. Karena kan kita mau tekan impor migas itu," tandasnya.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading