Pondok Cabe-Serpong Bakal Ada MRT, Mulai Dibangun 2022

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
03 December 2019 14:18
MRT rute Lebak Bulus akan diperpanjang sampai Pondok Cabe-Rawa Buntu Serpong.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah tengah mengkaji perpanjangan rute moda raya terpadu (MRT) Jakarta dari Lebak Bulus sampai ke wilayah Pondok Cabe hingga Rawa Buntu, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Banten. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut, bahwa operasional MRT ke Tangsel bisa terlaksana pada tahun 2026 mendatang.

"[Pembangunan] mau mulai paling lambat 2022 selesainya 2026," kata Budi Karya Sumadi ketika ditemui di sela rapat koordinasi Kementerian Perhubungan di Hotel Grand Mercure, Kemayoran Jakarta, Selasa (3/12/2019).

Ia menjelaskan, realisasi perpanjangan rute MRT Jakarta itu terbuka lebar. Namun, dia masih perlu merampungkan sejumlah aspek terkait yang dirangkum dalam studi kelayakan (FS).


"Ya sangat mungkin. Tapi tinggal pendanaannya saja kan. Kalau yang di Jakarta kan kita sharing dengan Pemda DKI kan 50:50. Jadi kalau sampai Tangsel ya ada kemungkinan pemerintah pusat [semuanya]," bebernya.



Terkait keterlibatan Pemda Tangsel, Budi Karya bilang hanya bisa terjadi jika kemampuan daerah tersebut memadai. Sayangnya, dia menyebut bahwa Pemda DKI berbeda dengan Pemda Tangsel.

"Ya kalau dia ada dana ya boleh. Kalau Pemda DKI kan APBD-nya gede. Kalau itu kan APBD-nya enggak terlalu besar," tuturnya.

Sejalan dengan itu, ia juga menegaskan bahwa perpanjangan rute MRT di wilayah DKI Jakarta masih jadi prioritas. Sebab, pihaknya sudah punya kesepakatan dengan Pemda DKI.

"Kita karena partner-nya sudah ada yang di DKI, ya sudah yang DKI, yang di Jakarta dulu. Baru yang itu [Tangsel] berikutnya," urainya.

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading