Apa Benar Luhut Dianggap Calo Pemerintah Indonesia?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
02 December 2019 20:00
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kerap menyesalkan banyak pihak yang menudingnya sebagai calo.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan kerap menyesalkan banyak pihak yang menudingnya sebagai calo. Pasalnya, ia kerap membawa masuk investasi ke Indonesia.

Luhut menyampaikan ini setelah mengadakan pertemuan dengan The Japan Bank for International Cooperation JBIC di Kantornya, Senin (2/12/2019).

Luhut pada awalnya menyampaikan kerja sama apa yang bisa dilakukan bersama bank ekspor Jepang tersebut. Di antarnya, kerja sama pembiayaan green energy hingga hydropower di Kalimantan dan Papua.


Ia menyampaikan komitmen investasi dari JBIC yang mencapai puluhan miliar dolar. Sayangnya, Luhut tak mau menyebutkan angka pastinya.

Apa Benar Luhut Dianggap Calo Pemerintah Indonesia?Foto: Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (CNBC Indonesia/Ferry Sandi)


"Tapi jangan salah ngerti. Nanti orang bilang lagi Luhut kenapa ngurusin ginian, nanti saya dibilang calo lagi. Ini memang bidang saya," kata Luhut kepada media.

Menurutnya, salah satu yang menjadi fokus JBIC adalah mendukung adanya Soverign Wealth Fund. Sovereign Wealth Fund ini merupakan dana abadi yang bisa digunakan untuk membangun infrastruktur Indonesia.

"Saya melihat secara komprehensif sehingga bisa tuntas. Jika sovereign fund bisa puluhan miliar, tapi jangan salah ngerti Luhut kenapa urus begini. Saya dibilang calo lagi saya. Ini memang bidang saya. Jadi untuk kita ngumpul dengan Menteri Keuangan, Pak Erick [Menteri BUMN] biar secara terpadu."

"Jadi orang-orang yang tidak ngerti liat begini makanya berpuluh-puluh tahun tidak selesai. Saya menyelesaikan secara komprehensif," tegas Luhut.
(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading