Ini Cerita di Balik Gebrakan Erick soal Permen BUMN

Market - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
02 December 2019 17:57
Ini Cerita di Balik Gebrakan Erick soal Permen BUMN
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian BUMN mengungkapkan alasan di balik rencana menyusun Peraturan Menteri (Permen) BUMN guna menata pendirian anak dan cucu usaha perusahaan BUMN yang selama ini tidak terkontrol dengan baik.

"Ini kan Permen baru dirancang. Bagaimana bentuk Permen-nya. Apakah ada turunannya [aturan turunan] atau enggak. Ini masih plan. Tujuannya jelas agar ke depan enggak mudah lagi membuat anak perusahaan. Reason-nya harus jelas. Alasannya apa [mendirikan anak/cucu BUMN]," kata Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN, di Jakarta, Senin (2/12/2019).

Dia mengatakan rencana Permen BUMN ini juga sebagai upaya dari pemerintah untuk menyetop sementara pendirian anak dan cucu usaha BUMN.



"Itu bagian dari nyetop dulu nih. Kan kita enggak tahu selama ini. Mereka bikin sendiri aja. Nah, daripada mereka buat lagi buat lagi. Kita setop dulu," tegas mantan Juru Bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin ini.

"Ya nanti ada pengajuan ke Pak Menteri," katanya.

Arya menekankan selama ini perilaku yang terjadi di beberapa BUMN terkadang tidak diketahui oleh Kementerian BUMN, sehingga diperlukan aturan tegas guna mengatur ini.

"Ya kan tadi Pak Erick juga sudah bicara bahwa BRI Agro [PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk] tadi melakukan RUPS. Itu aja kita enggak tahu. Itu perlu dihentikan. Itu perilaku yang terjadi hari ini. Ini kita perkuat alasannya apa."

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading