Mau Didemo Buruh Soal UMK, Ini Kata Ridwan Kamil

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
26 November 2019 14:03
Mau Didemo Buruh Soal UMK, Ini Kata Ridwan Kamil
Jakarta, CNBC Indonesia - Kalangan buruh di Jawa Barat (Jabar) mengancam akan menggelar demo besar-besaran di kantor gubernur Jawa Barat pada 2 Desember 2019 terkait Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2020 Jabar yang hanya disetujui lewat surat edaran. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil angkat bicara soal surat edaran (SE) terkait UMK yang dibuatnya berbuntut polemik.

Saat ditemui disela-sela Munas VI Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (26/11/2019), Ridwan Kamil mengatakan akan dialog dengan buruh. Namun, kata dia bila ada keputusannya dianggap tidak tepat maka akan diselesaikan di pengadilan.

Presiden KSPI Said Iqbal sempat mengatakan "gubernur Jawa Barat sudah melakukan perbuatan melawan hukum. Karena dalam UU No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, upah minimum ditetapkan melalui surat keputusan gubernur, bukan surat edaran"




Said Iqbal mengecam keras terbitnya Surat Edaran Nomor 561/75/Yanbangsos tentang Pelaksanaan Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Barat Tahun 2020. Ia beralasan dengan hanya menggunakan surat edaran, maka pengusaha tak ada kewajiban untuk mematuhi nilai pembayaran UMK 2020 Jabar yang sudah disetujui gubernur.

Menyoal ihwal surat edaran soal UMK, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa keputusan itu sudah melalui dialog dengan perwakilan buruh.

"Dulu surat edaran itu dilakukan setelah kita dialog dengan buruh. Mereka memahami itu, tapi pulang dari dialog buruh berubah pikiran," kata Ridwan Kamil.

Ketua PC SPEE FSPMI Kabupaten Karawang Dony Subiyantoro mengatakan selain soal surat edaran, buruh belum puas, terkait kenaikan UMK 2020 Jawa Barat yang naik hanya 8, 51% karena masih jauh dari harapan buruh. Buruh ingin ada kenaikan lebih tinggi lagi. Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) pernah menghitung seharusnya ada kenaikan 10-12%.

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading