Mobil Datsun Setop Diproduksi di RI Mulai 2020

News - Redaksi, CNBC Indonesia
25 November 2019 16:34
Mobil Datsun bakal tak lagi diproduksi di Indonesia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kabar tak sedap kembali menghampiri industri otomotif Indonesia. Nissan bakal menghentikan produksi mobil Datsun di Indonesia pada Januari 2020. Di Indonesia Datsun punya tiga model produksi lokal yaitu Go, Go+, dan Cross. Khusus Go dan Go+ di segmen Low Cost Green Car/LCGC).

Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Harjanto membenarkan kabar tersebut, seperti dikutip dari CNN Indonesia.

"Jadi intinya karena skala ekonomi tidak terpenuhi," kata Harjanto dihubungi melalui pesan singkat, Senin (25/11).


Mobil Datsun Setop Diproduksi di RI Mulai 2020Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki


Menurut Harjanto, Nissan Motor Indonesia (NMI), pemegang merek Datsun di Tanah Air, sudah melaporkan rencana tersebut ke Kemenperin. Namun ia tidak menyebutkan kapan Nissan melaporkan perubahan skema bisnis itu

Harjanto mengatakan pabrik Nissan yang semula digunakan memproduksi mobil Datsun bakal dialihkan ke proses manufaktur mesin 1.500 cc Livina yang juga digunakan Mitsubishi Xpander. Saat ini mesin bensin Livina dan Xpander diperoleh secara impor dari Jepang.

"Jadi Nissan berkomitmen untuk tetap melanjutkan proses manufaktur namun dengan strategi berbeda. Jadi perubahan strategi yang dilakukan Nissan dengan melakukan lokalisasi komponen utama yakni engine new Livina," katanya.

Harjanto belum dapat menjabarkan nasib Datsun ke depan usai produksinya di Indonesia berakhir. Tanpa produksi lokal dan kemungkinan impor unit bukan solusi, keberlangsungan merek Datsun di dalam negeri dipertanyakan.

"Jadi itu strategi bisnis mereka, lebih jelasnya bisa tanyakan ke mereka pihak Nissan," ucap Harjanto.

Pihak Nissan Indonesia yang dihubungi soal hal tersebut belum memberi jawaban.



Nissan sebelumnya sudah mengonfirmasi menutup salah satu pabriknya di Indonesia sejak Februari 2019. Ini sebagai salah satu upaya perusahaan melakukan efisiensi.

Nissan sebelumnya punya dua pabrik yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Satu pabrik digunakan untuk memproduksi mobil Nissan, satunya lagi dibangun pada 2014 untuk produksi mobil Datsun.

Satu pabrik diketahui tidak lagi memproduksi Nissan Livina sejak Februari 2019 karena generasi terbarunya sekarang diproduksi Mitsubishi Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading