Di Depan Pengusaha, Jokowi Ngaku Pernah 'Ditegur' Sekjen PBB

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
20 November 2019 18:53
Di Depan Pengusaha, Jokowi Ngaku Pernah 'Ditegur' Sekjen PBB
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) bercerita pernah disinggung Sekjen PBB Antonio Guterres mengenai penggunaan batu bara. Hal itu terjadi sewaktu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Bangkok, Thailand, awal November lalu.

"Ini cerita sedikit, di Bangkok kemarin saat ASEAN Summit, saya ketemu dengan Sekjen PBB Antonio Guterres, disampaikan kepada saya, Presiden Jokowi hati-hati urusan pertambangan. Hati-hati dengan keputusan batu bara," ucap Jokowi di depan para pengusaha dalam forum Indonesian Mining Award 2019, Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Jokowi mengatakan pernyataan Antonio tersebut dimaksudkan untuk mengurangi penggunaan batu bara pada pembangkit listrik di Indonesia. Terhadap peringatan itu, Jokowi pun memberi jawaban tegas.


"Saya jawab, sekarang masih dibutuhkan," kata Jokowi.

Selain Antonio, saat bertemu dengan Managing Director IMF Kristalina Georgieva, masalah yang sama juga sempat disampaikan ke Jokowi. Kristalina mengatakan kepada Jokowi untuk berhati-hati memakai batu bara untuk pembangkit tenaga listrik.




"Saya jawab hal yang sama, 'ya saya tahu nanti akan kita arahkan energi terbarukan baik itu hidro power, angin, solar cell, geothermal dan lain-lain'," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, peralihan langsung energi batu bara ke energi yang ramah lingkungan perlu tahapan-tahapan. Namun, ia menekankan bahwa dunia sedang menuju energi ramah lingkungan.

"Ini kita semuanya harus mulai siap dan hati-hati," katanya.

Jokowi menerangkan beberapa energi terbarukan baik yang sedang dicoba atau sedang dilaksanakan adalah tenaga angin di Sidrap, Sulawesi Selatan. Kemudian pembangkit hydro di sungai Kayan Kalimantan Utara dan energi geothernal yang memiliki potensi 29.000 MW.



[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading