Ini Ternyata Niat Para Bos Perusahaan Jepang Sowan ke Jokowi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
20 November 2019 15:40
Pengusaha Jepang berminat dengan proyek ibu kota baru.
Jakarta, CNBC Indonesia - Puluhan investor Jepang diklaim tertarik untuk menanamkan modalnya untuk menggarap sejumlah proyek besar di Indonesia. Salah satunya, adalah pembangunan Ibu Kota baru.

Pada hari ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan delegasi Asosiasi Jepang - Indonesia/Japan Indonesia Association, Inc (JAPINDA) yang diisi oleh berbagai investor kelas kakap negeri Sakura.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan kalangan perusahaan Jepang memang membahas salah satu potensi kemungkinan mereka diikutsertakan untuk ikut membangun Ibu Kota baru di Kalimantan Timur.


"Mereka ingin membantu terlibat dalam Ibu Kota negara, karena mereka banyak pengalaman. Disambut oleh Presiden, welcome," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (20/11/2019).



Basuki tak memungkiri ketertarikan Jepang untuk ikut menggarap proyek Ibu Kota baru belum dibahas secara detail. Pemerintah pun belum memutuskan akan mengajak Jepang atau tidak untuk ikut membantu membangun Ibu Kota negara.

"Beliau hanya menyampaikan nanti akan bicara detail lagi, tapi beliau menyampaikan kepada presiden bahwa mereka berniat untuk sharing pengalaman memindahkan Ibu Kota dan membangun kota baru," jelasnya.

Selain itu, Basuki mengakui bahwa Jepang akan terlibat dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya. Salah satunya, adalah proyek pembangunan Tol Cikampek Palimanan (Cipali) ke Patimban, Subang yang jadi lokasi proyek pelabuhan baru.

"Sekarang proses dan mau dikonkretkan untuk bisa dikerjakan. Terakhir, [Jepang akan terlibat dalam] pengendalian banjir," tegas Basuki.

Delegasi para pemimpin perusahaan Jepang dipimpin oleh Fukuda Yasuo. Fukuda merupakan mantan Perdana Menteri Jepang itu membawa sejumlah pengusaha Jepang, antara lain petinggi Tokyo Gas, Ltd Hirose Michiaki, Presiden Daihatsu Motor Co, Ltd Okudaira Soichiro, Wakil Presiden Eksekutif Toyota Tsusho Corporation, hingga Wakil Presiden Eksekutif Sumitomo Forestry Co, Ltd.

Selain itu, Fukuda Yasuo juga membawa Senior Managing Officer Shimizu Corporation, Okamoto Tadashi, Managing Executive Officer, hingga Co Head of Asia Pasific Sumitomo Mitusi Banking Corporation Sasai Masaaki.

[Gambas:Video CNBC]


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading