Internasional

Skandal Seks & Pajak 'Hantui' Trump di Pilpres AS 2020

News - Sefti Oktarianisa, CNBC Indonesia
07 November 2019 06:23
Keinginan incumbent Donald Trump untuk maju lagi sebagai Presiden AS di 2020 sepertinya bakal semakin terjal
Jakarta, CNBC Indonesia - Keinginan incumbent Donald Trump untuk maju lagi sebagai Presiden AS di 2020 sepertinya bakal semakin terjal. Sejumlah skandal muncul kembali seiring dengan keinginan dirinya untuk melaju lagi ke kursi presiden.

Dalam sepekan ini misalnya, dua skandal secara bersamaan muncul lagi ke publik. Padahal skandal tersebut sudah lama terjadi, bahkan ketika Trump belum memutuskan untuk menjadi presiden.


Skandal Pajak

Salah satunya adalah skandal pajak yang membelit Trump. Pengadilan New York mengeluarkan putusan yang memerintahkan kantor akuntan lama Trump Mazars LLP untuk menyerahkan pengembalian pajak (tax return) sang presiden selama delapan tahun.


Dalam pengadilan tersebut, para hakim memutuskan bahwa kekebalan presiden tidak menghalangi pengadilan untuk mengeluarkan surat panggilan pengadilan untuk penyidikan.

"Kami berpendapat bahwa kekebalan presiden dari proses pidana negara tidak menghalangi penegakan panggilan pengadilan," ujar pernyataan resmi pengadilan sebagaimana dikutip CNN.

Trump menggugat kantor Kejaksaan Distrik Manhattan untuk memblokir surat panggilan pengadilan yang dikirim ke Mazars. Pengacara Trump berpendapat, bahwa presiden kebal dari investigasi kriminal, namun hakim distrik menolak pendapat tersebut.

Kasus pajak Trump terkait pemberitaan media massa soal kerugian bisnisnya senilai US$ 1,17 miliar atau Rp 16,7 triliun di tahun 1985 dan 1994. Kerugian bisnis ini membuat Trump tidak membayar pajak penghasilan selama delapan tahun.

Selama ini, para kandidat Presiden AS selalu mengungkapkan laporan pajak selama masa kampanye. Namun hal itu, tidak dilakukan Trump selama masa kampanye 2016 lalu.

Bekas pengacara Trump mengaku pebisnis itu khawatir bakal terkena audit dan penalti. Jika laporan pajak Trump dibeberkan ke publik, semua kegiatan usaha Trump bakal terlihat seperti hubungan kreditor asing dan pemerintah.

[Gambas:Video CNBC]



Skandal Pelecehan Seksual
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading