Sri Mulyani Cerita 'Desa Setan', Ngeri Banget!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
04 November 2019 19:02
Sri Mulyani Cerita 'Desa Setan', Ngeri Banget!
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggelar rapat kerja pertama dengan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia masa bakti 2019-2024 di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (4/11/2019). Salah satu fokus dalam pembahasan adalah Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan realisasi dana desa hingga 30 September 2019 telah mencapai Rp 42,2 triliun atau mencapai 62,9%. Melihat adanya dana transfer ke daerah yang setiap tahunnya disalurkan pemerintah pusat, Sri Mulyani mengatakan saat ini muncul desa-desa baru yang tidak ada penduduknya. Maksudnya, dana desa tersalurkan padahal tak ada penduduknya, jadi desa setan bu? kok bisa?

"Kemarin kami pasti akan terus melihat koordinasi dengan Menteri Dalam Negeri di dalam untuk menginventerisasi. Karena kami mendengar ada dari salah satu pihak yang menyampaikan, ada dana desa untuk desa yang baru saja dibuat," terangnya.


Menurut Sri Mulyani, harus dilihat lebih jauh bagaimana mengidentifikasikan sebuah desa. Jangan sampai justru dana desa tersalurkan ke yang tidak berhak.

"Sebetulnya ada pembentukan mekanisme untuk pembentukan desa dan identifikasi siapa pengurusnya. Kita akan lihat seluruh prosedurnya supaya jangan sampai ada statement-statement seperti itu yang kemudian menimbulkan persoalan jumlah desanya berapa, lokasinya dimana dan bagaimana transfernya," paparnya.

Sri Mulyani akan menelusuri lebih jauh bahkan hingga investigasi. "Akan investigasi [lebih jauh]," tutupnya.


[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading