Round Up

Erick Thohir Dapat 2 Wamen BUMN, Ini Pembagian Tugasnya

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
02 November 2019 15:18
Erick Thohir Dapat 2 Wamen BUMN, Ini Pembagian Tugasnya
Jakarta, CNBC Indonesia - Dua Wakil Menteri BUMN, Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo mendapat pembagian tugas untuk mengoordinir perusahaan BUMN.

Hal ini tertuang dalam Lampiran SK Menteri BUMN 236/2019 tentang Pembagian BUMN yang Dikoordinasikan Wakil Menteri BUMN. Berdasarkan lampiran itu, Wakil Menteri I akan bertugas mengkoordinir 48 perusahaan BUMN, beberapa di antaranya bergerak di bidang farmasi, tambang, dan energi termasuk PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Sementara Wakil Menteri II akan mengoordinir 73 perusahaan BUMN yang beberapa di antaranya bergerak di bidang perbankan, asuransi, perkebunan, konstruksi, dan transportasi, misalnya PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Perkebunan Nusantara III (Persero), dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.



Informasi yang dihimpun CNBC Indonesia, adapun Wakil Menteri BUMN I dijabat oleh Budi Gunadi Sadikin. Posisi ini sesuai dengan latar Budi di sektor energi dan pertambangan. Ia sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama holding BUMN pertambangan PT Inalum (Persero) atau MIND ID.

Sementara Wakil Menteri BUMN II adalah Kartika Wirjoatmodjo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri. Kartiko sebelumnya juga membenarkan mengemai pembagian tugas dirinya.

"Saya kan pasti banking, asuransi. Ditambahi tugasnya sama Pak Erick di infrastruktur, konstruksi, dan pertanian serta perkebunan," kata Kartiko, saat dijumpai usai rapat di Kantor Menko Kemaritiman, Selasa (29/10/2019).


Ia juga membeberkan soal pembagian BUMN yang ada di bawah Budi Gunadi Sadikin. "Oil dan gas, tambang, telekomunikasi, udah gede itu. Udah capek semua," jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading