Formasi CPNS 2019: Lowongan Guru Terbanyak, Honorer Bisa Ikut

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
30 October 2019 15:57
Pemerintah mengumumkan tersedia 63.324 lowongan CPNS 2019 untuk tenaga pendidikan pada tahun ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mengumumkan tersedia 63.324 lowongan CPNS 2019 untuk tenaga pendidikan pada tahun ini. Guru Honorer bisa ikut.

Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, dari total 152.286 formasi lowongan yang dibuka tahun ini, lowongan CPNS formasi tenaga pendidikan terbilang cukup banyak.

Dari jumlah tersebut termasuk juga untuk mengakomodir dari pegawai honorer. Utamanya adalah guru honorer yang masih memenuhi syarat untuk ikut CPNS dari sisi umur 35 tahun.


"Sekitar 63 ribu untuk guru dibuka. Ini diharapkan siapa saja termasuk yang honorer yang memenuhi persyaratan silakan daftar," ujar Setiawan di kantor KemenPAN-RB, Rabu (30/10/2019).

Menurut Setiawan, alasan formasi guru diprioritaskan adalah untuk menutupi kekurangan tenaga pengajar yang berstatus sebagai PNS. Apalagi, akan ada banyak tenaga pengajar yang pensiun juga pada tahun ini.

"Ini untuk mengejar setiap tahun seratus ribu," ucapnya.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, selama ini pemerintah memang kesulitan untuk memenuhi tenaga guru yang berstatus PNS. Alasan pertama adalah masalah beban fiskal yang mana uang yang dikeluarkan untuk rekrutmen tidaklah sedikit

Kedua adalah karena masalah pendaftarannya. Menurutnya, pemerintah tidak bisa untuk memenuhi langsung dengan membuka lowongan khusus PNS guru sebab, pemerintah harus berbagi formasi dengan lowongan di instansi lainnya.

Kendati demikian, lanjut Bima, pihaknya akan berusaha untuk menutupi kekurangan tenaga guru selama lima tahun ke depan. Rencanannya, setiap tahun pemerintah akan menyiapkan 100.000 formasi untuk CPNS guru.

"Untuk itu, bertahap, lima tahun ke depan memenuhi semua guru, tidak mungkin satu tahun dipenuhi," jelasnya.

Adapun formasi lowongan CPNS 2019 yang akan dibuka dalam skala prioritas, selain pendidikan yakni tenaga kesehatan dan tenaga yang berkeahlian spesifik sesuai dengan yang dibutuhkan masing-masing kementerian atau instansi.

Secara rinci, dari total formasi penerimaan CPNS 2019 yang berjumlah 152.286 formasi, lowongan pada Instansi pusat sebanyak 37.425 formasi pada 67 K/L dan Instansi Daerah sebanyak 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah.
(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading