Bocoran Soal Tes Masuk CPNS 2019, Ada Tentang Radikalisme!

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
30 October 2019 14:47
Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan kisi-kisi yang berkaitan dengan soal penerimaan CPNS 2019.
Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan kisi-kisi yang berkaitan dengan soal penerimaan CPNS 2019. Salah satunya ada yang berkaitan dengan issue radikalisme.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan, saat ini soal-soal untuk penyeleksian CPNS sudah siap. Soal-soal tu terdiri dari soal untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Penyusunan soal-soal itu kata Bima melibatkan 18 Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia.


"Kami melibatkan UGM, UI, bahkan sampai Universitas Cendrawasih di Papua," kata Bima menjelaskan di kantor KemenPAN-RB, Rabu (30/10/2019).

Dalam soal SKD nantinya, lanjut Bima juga bakal disisipi soal yang berkaitan dengan radikalisme. Hal ini sebagai antisipasi agar tidak ada aparatur sipil negara (ASN) yang terjaring radikalisme.

"Pada soal-soal ada inovasi baru misalnya radikalisme. Pada saat tes kebangsaan kami sudah memasukkan keinginan untuk soal-soal seperti itu," ujarnya.

Kendati demikian, kata Bima jumlah soal tentang radikalisme tidak begitu banyak jumlah, "Hanya beberapa saja lah, tidak terlalu signifikan banyak jumlahnya," kata dia melanjutkan.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan soal tentang radikaslime akan diperbanyak pada seleksi CPNS tahun depan. Itu pun juga apabila memang diharuskan dan dibutuhkan, dan akan dimasukkan ke dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Pada saat tes kebangsaan kami sudah memasukkan keinginan untuk soal-soal seperti itu. TWK itu kisi-kisinya sangat terbatas. Ke depan akan ubah soal-soal TWK ini soal tes radikalisme. Jadi ada soal seperti itu (Radikalisme) tapi tidak signifikan," jelasnya.

Khusus soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) tidak akan banyak berubah. Hanya saja ada beberapa bahasa yang diubah menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

"Soal TKP masih akan sama tapi dengan bahasa-bahasa yang berbeda. Kemarin itu bahasannya lebih sulit sehingga menangkap soal dan jawabannya jadi lebih sedikit," ucapnya.

Sebagai informasi, Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 akan dibuka pada 11 November mendatang. Namun seleksi Kompetensi Dasarnya (SKD) baru akan dilakukan pada awal Februari 2020 mendatang.

Pendaftaran CPNS 2019 akan berlangsung selama 14 hari. Artinya pendaftaran akan dilakukan dari tanggal 11 November sampai tanggal 24 November mendatang.

Pendaftaran CPNS secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. Adapun, yang harus dipersiapkan saat mendaftar yakni scan foto KTP, Pas foto, dan satu foto dengan gaya bebas.

[Gambas:Video CNBC]


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading