Catat, Yang Harus Dipersiapkan untuk Ikut Lowongan CPNS

News - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
30 October 2019 12:55
Catat, Yang Harus Dipersiapkan untuk Ikut Lowongan CPNS
Jakarta, CNBC Indonesia - Pada 11-25 November 2019, pemerintah akan mulai membuka pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ini hal-hal yang harus dipersiapkan oleh para pelamar.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, sebelum melakukan pendaftaran CPNS, para pelamar harus membaca terlebih dahulu setiap posisi yang akan dilamarnya.

Pasalnya, kata Bima pelamar hanya boleh mendaftar dengan satu kali kesempatan, untuk satu formasi atau satu jabatan. Karena setelah mendaftar, para pelamar tidak bisa mengubahnya.


"Proses aplikasi untuk mengubahnya tidak kami buat, kita tidak memiliki fasilitas jika salah mendaftar," ujarnya di kantor KemenPAN-RB, Rabu (30/10/2019).
Catat, Yang Harus Dipersiapkan untuk Ikut Lowongan CPNSFoto: Pelepasan CPNS 2017 dan Penyerahan CPNS 2018 oleh Menteri PUPR. (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul Anwar)

Setelah sudah memastikan posisi apa dan di kementerian mana dia akan mendaftar, pelamar boleh langsung mengunggah beberapa dokumen, menggunakan akun yang sudah dibuat sebelumnya.

Pendaftaran CPNS secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id. Adapun, lanjut Bima yang harus dipersiapkan yakni scan foto KTP, Pas foto, dan satu foto dengan gaya bebas.

"Foto selfie dibutuhkan untuk bisa membedakan. Karena biasanya foto di KTP dengan aslinya berbeda," kata Bima.

Bima juga mengimbau para calon pelamar untuk memastikan ke Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat, untuk memastikan bahwa NIK (Nomer Induk Kependudukan) yang dimiliki adalah Valid.

"Jadi sementara itu yang saya sampaikan, untuk pendaftaran penerimaan CPNS yang dimulai pada 11 November 2019. Baca dulu sebelum mendaftar, jangan terburu-buru. Lihat juga di KTP nya di Dukcapil dan NIK valid," ucapnya.

[Gambas:Video CNBC]



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading