Lancar! Lahan LRT Jabodebek Bebas Hampir 100%

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
29 October 2019 19:57
Kereta ringan atau LRT Jabodebek mulai ada tanda-tanda yang menggembirakan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Masalah terhambatnya pembebasan lahan LRT Jabodebek menjadi persoalan yang krusial sehingga mengganggu proses konstruksi proyek ini. Pembebasan lahan yang sempat paling krusial terjadi untuk rute Cawang-Bekasi.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan pembebasan lahan proyek LRT Jabodebek, kini sudah hampir tuntas 100%. Pemerintah hari ini menggelar rapat evaluasi proyek LRT di Kantor Kemenko Maritim dan Investasi, Selasa (29/10).

"Sudah. hampir 100 persen. Beberapa bidang yang dikonsinyasi (titip pengadilan). Jadi udah bisa konstruksi," kata Sofyan.


Salah satu lahan yang sudah berhasil dibebaskan adalah pada depo LRT di Bekasi, yang luas lahannya mencapai 14 hektare.

Sementara itu, Menko Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, perkembangan proyek LRT sudah sangat maju dari sebelumnya.

"Sudah maju sekali. Terlambat dari target kita 1 bulan untuk COD (commercial operation date). Tapi hampir selesai," katanya.



Sampai awal Oktober 2019, konstruksi proyek jalur keseluruhan LRT Jabodebek saat ini mencapai 65%. Jumlah tersebut terbagi tiga lintas, masing-masing Cawang - Cibubur, Cawang - Dukuh Atas, dan Cawang - Bekasi Timur.

Direktur Operasi II PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI), Pundjung Setya Brata, merinci bahwa masing-masing lintas layanan memiliki program berbeda. Ada yang hampir kelar, namun ada pula yang baru separuh jadi.

Untuk lintas Cawang - Dukuh Atas, sekarang progres konstruksinya sudah 55,91%. Trase itu menghubungkan Cawang - Ciliwung - Cikoko - Kuningan - Rasuna Said - Karet Kuningan - Setiabudi - Dukuh Atas.

Sedangkan untuk rute Cawang - Bekasi Timur, progresnya 53,84%. Trase itu menghubungkan Cawang - Halim - Jati Bening Baru - Cikunir - Cikunir 2 - Bekasi Barat - Jatimulya.

Untuk jalur Cawang - Cibubur, yang menghubungkan Cawang - Taman Mini - Kampung Rambutan - Ciracas - Kampung Rambutan, kini progresnya mencapai 85,28%. Capaian tersebut menjadi yang paling signifikan dibandingkan jalur LRT lainnya.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading