Gantikan Susi, Ini Agenda Hari Pertama Edhy Prabowo

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 October 2019 10:36
Hari pertama Edhy Prabowo sebagai Menteri KKP.

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mengatakan agenda pada hari-hari pertama menjadi menteri menggantikan Susi Pudjiastuti adalah rapat dengan jajaran direktur jenderal (dirjen). Tujuannya guna mendalami masalah yang ada di kementerian tersebut.

Selain itu, dirinya akan segera menempatkan pejabat baru mengingat masih ada 151 pos jabatan yang ternyata belum diisi, dari eselon IV hingga eselon I.

"Kemarin sudah kerja, sudah serah terima, sudah rapat dengan dirjen-dirjen, saya panggil semua, tadi pagi juga jam 7 kita diskusi-lah. Saya mau mendalami permasalahan-permasalahan yang ada," katanya di Istana Negara, Jakarta, Kamis (24/10/2019).


"Saya lihat juga ada 151 pos yang ternyata belum diangkat dari eselon 1 sampai 4. Ini mau saya segera angkat, karena gimana kan kita mau kerja kalau kosong, berarti kan mengurangi kinerja. Saya enggak mau itu terjadi, ternyata sudah diseleksi, sudah diasesmen, sudah diputuskan hasilnya, memang saya minta saya mau lihat ulang, katanya ada yang harus lulus, minggu depan sudah bisa saya lantik semua," katanya.

Dia mengatakan persoalan lain yang akan segera didalami ialah masalah ikan tangkap, budidaya, keramba jaring apung. "Keramba jaring apung yang ada di tiga titik itu gagal dan sebagainya, harus cari jalan keluar, jalan tengah. Saya enggak fokus di masalahnya, saya fokus di jalan keluarnya," katanya.

Sebelumnya Edhy juga menegaskan akan melanjutkan beberapa program dari Menteri KKP Susi Pudjiastuti. Ia juga menegaskan tidak ada perombakan besar di struktur para pejabat di kementerian yang baru dipimpinnya.

Ia meminta pegawai di kementeriannya untuk bekerja sama membela nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan.

"Tidak banyak, saya tidak akan melakukan perombakan. Saya akan berikan kesempatan enam bulan ini dan akan melanjutkan apa yang ibu Susi lakukan," katanya.

"Tidak ada hal yang luar biasa yang akan saya lakukan untuk mengubah struktur," kata Edhy dalam acara pisah sambut Menteri KKP Jakarta di kantor KKP, Rabu (23/10/2019).

Edhy merupakan anggota Komisi IV DPR RI 2014-2019 di mana KKP menjadi mitra kerjanya. Edhy mengaku cukup mengetahui kinerja KKP selama dipimpin Susi Pudjiastuti. Politisi Gerindra ini dilantik Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10/2019).

[Gambas:Video CNBC]





(tas/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading