Menteri Ekonomi Jokowi Ini Masih 'Misterius'

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
24 October 2019 08:46
Mendag Agus Suparmanto belum banyak dikenal publik termasuk di kalangan pengusaha.
Menurut Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Properti dan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar, sosok Agus Suparmanto masih kurang dikenal, perlu ada proses pemahaman dan merintis kedekatan dengan pengusaha.

"Yang agak surprise posisi mendag. Tadinya sudah cukup santer informasinya Mahendra Siregar, dan kami sangat yakin beliau dengan pengalamannya sebagai ketua BKPM, Wamendag, dan Dubes Indonesia di AS. Sudah ada pembicaraan dengan Apindo bagaimana mengerek barang dari Indonesia ke AS. Tapi ternyata ada perubahan," kata Sanny kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Ban Indonesia Aziz Pane juga menyatakan terkejut dengan menteri perdagangan terpilih. Pasalnya yang menduduki jabatan tersebut adalah pengusaha sekaligus politisi.


"Saya yang ragu politisi di perdagangan. Untuk anggaran enak loh, satu izin impor saja dicabut, berapa?" katanya.

Aziz mengatakan di posisi mendag seharusnya ditempati oleh profesional, bukan dari politisi. Meski demikian dia menghargai pilihan-pilihan Presiden Joko Widodo, yang berani menempatkan orang-orang muda dalam jajaran kabinetnya.

Namun, pernyataan yang bernada positif disampaikan oleh Ketua Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani meyakini komunikasi Agus dan pelaku usaha dapat berjalan baik. 

"Beliau adalah seorang pengusaha sukses selama ini dan akan mendengarkan masukan dari Kadin baik mengenai bagaimana meningkatkan perdagangan," kata Rosan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (23/10/2019.
Memilih Pernyataan Tertulis
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3 4 5
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading