Ini Jawaban Jokowi Pilih Menteri Ekonomi Tak Dikenal & Parpol

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 October 2019 18:39
Presiden Jokowi menegaskan konkret saat memilih tim ekonomi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dari sekian beberapa anggota kabinet Indonesia Maju yang sudah dilantik oleh Presiden Jokowi, ada nama-nama yang tak dikenal publik, pelaku pasar hingga pengusaha. Salah satunya menteri ekonomi yaitu Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto.

Kalangan pasar hingga pengusaha tak mengenal sosok Agus Suparmanto seperti yang disampaikan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ban Indonesia (APBI) Aziz Pane hingga Ketua Umum Kawasan Industri Indonesia Sanny Iskandar.

Selain itu, para menteri ekonomi juga banyak di isi oleh orang-orang dari partai politik (parpol), bukan teknokrat.


Jokowi menegaskan pembentukan kabinet tak bicara individu-individu tapi sebagai tim dan aspek saling mengerti antar para anggota kabinet.

Ia menegaskan ini saat berbincang santai dengan awak media di Istana, menjawab pertanyaan soal menteri yang tak dikenal pelaku pasar dan kursi tim ekonomi banyak diisi oleh orang-orang partai politik.



"Saya tekankan kerja tim itu yang paling penting, bukan kerja individu menteri menteri-menteri, ndak, kerja ini adalah kerja tim. Termasuk dengan menteri yang berkaitan dengan ekonomi yang lain juga, bukan masalah fiskal, tapi masalah moneter, dengan gub BI, Bapak OJK, dan seluruh jajarannya, ini karena sudah juga mereka saling tahu dan mengerti," kata Jokowi di Istana, Kamis (24/10).

Ia juga mengatakan yang paling penting soal kondisi dan masalah di lapangan bisa terkuasai. "Dengan situasi yang tidak menentu kemudian kita harus mengkonsolidasikan, kalau yang baru ini akan sulit," katanya.

Jokowi mengaku selama bekerja dengan para menteri ekonomi yang ada selama ini, ia melihat kompak, cepat mengeksekusi keputusan, dan kemampuan detil lapangan yang baik.

"Saya ingin konkret konkret saja. Dan sesuai saya sampaikan di dalam pidato pelantikan bukan hanya send saja tetapi deliver, ini penting sekali sehingga betul betul setiap anggaran setiap kebijakan yang ada betul-betul bisa menetes," katanya.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading