Tuntaskan Program B100 Jadi Target Menperin Baru

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
23 October 2019 18:16
Tuntaskan Program B100 Jadi Target Menperin Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo menugaskan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menuntaskan program Biodiesel sampai 100% (B100).

Program ini merupakan lompatan dari B20, dan yang belum sempat diselesaikan di periode pertama Jokowi. Agus memang tak menyampaikan kapan B100 bisa terealisasi, tapi yang pasti mulai Januari 2020 adalah dimulainya program B30 atau kombinasi 30% biofuel sisanya solar.

"Yang pasti saya ditugaskan secepat mungkin untuk menyelesaikan B100," kata Agus kepada wartawan, Rabu (23/10/2019).


Agus juga memastikan akan berkoordinasi dengan kementerian lain, agar tidak ada tumpang tindih kebijakan lintas kementerian. Dengan begitu dia mengharapkan industri bisa bergerak lebih baik.

Selain itu, di bawah komandonya, Kemenperin akan mengembangkan kawasan ekonomi industri. Berbeda dengan periode sebelumnya, menurut Agus, presiden mengatakan tidak ada target 100 hari kerja termasuk untuk Kementerian Perindustrian.



"Karena memang kita semua melanjutkan, jadi Kabinet Indonesia Maju hanya melanjutkan dari kabinet kerja. Jadi tidak ada target 100 hari dari pak presiden," katanya.

Dalam sambutannya Agus mengaku mendapat beberapa pekerjaan rumah dari Presiden Jokowi. Setidaknya ada lima hal yang ditugaskan kepadanya.

Pertama, peningkatan sumber daya manusia sektor industri. Kedua, melakukan transformasi industri manufaktur. Ketiga, pengembangan industri kecil. Keempat pengembangan wilayah ekonomi industri. Kelima memperkuat kerja sama bilateral dengan 4 negara untuk menopang industri.

Agus mengatakan dasar-dasar fundamental industri sudah ditetapkan oleh menperin sebelumnya Airlangga Hartarto.

"Saya tinggal meneruskan," kata Agus di kantor Kemenperin. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading