Habis Pipa Terbakar, Pertamina Bersihkan Sisa Tumpahan BBM

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
23 October 2019 10:46
Habis Pipa Terbakar, Pertamina Bersihkan Sisa Tumpahan BBM
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Pertamina (Persero) masih membersihkan sisa BBM di sekitar lokasi pipa Cimahi di samping ruas tol Padalarang KM 130.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan pengangkatan BBM dilakukan menggunakan mobil tangki yang memiliki fasilitas pompa, disebut juga sebagai vacuum truk, serta melokalisir sisa BBM dari parit dengan tanggul.




"Kami telah menurunkan lebih dari 90 personil di lokasi kejadian. Konsentrasi Pertamina saat ini adalah untuk finalisasi pembersihan BBM serta menjaga supaya aliran air maupun parit tetap aman. Di saat bersamaan, kami juga menangani pipa yang terdampak," kata Fahriyah.

Meski pipa terbakar, Pertamina menjamin stok BBM untuk wilayah Bandung dan sekitarnya dalam kondisi cukup. Pasokan untuk wilayah tersebut disuplai oleh Terminal BBM Padalarang dan TBBM Ujung Berung. "Hari ini, kami juga melakukan alih suplai dari TBBM Cikampek untuk mendukung ketersediaan BBM di sebagian area di Purwakarta,"imbuhnya.

[Gambas:Video CNBC]



Insiden kebakaran Pipa Cimahi terjadi kemarin siang, Selasa, (22/10/2019), pipa penyalur BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang yang berlokasi di pinggir ruas jalan tol Purbaleunyi, Km 130 Cimahi - Pasir Koja, bocor dan terbakar pada pukul 13.30 WIB.

Penyebab utamanya belum dipastikan hingga kini, Fajriyah mengatakan penyelidikan masih terus dilakukan untuk memastikannya.

Namun bisa dipastikan Pertamina tidak ada kegiatan tekhnis di lokasi dekat proyek tersebut. Aturan keselamatan batas aman pengerjaan proyek ke pipa pertamina sekitar 3 meter. "Masih dalam informasi yang sedang kami lakukan pendalaman," jelasnya.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading