Pipa Terbakar di Cimahi, Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman

News - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
23 October 2019 08:27
Pipa Terbakar di Cimahi, Pertamina Jamin Pasokan BBM Aman
Jakarta, CNBC Indonesia - Kebakaran pipa BBM milik Pertamina di samping jalur tol Padalarang KM 130 berhasil dipadamkan pukul 17.20 WIB, Selasa, (22/10/2019) kemarin. Namun, hingga berita diturunkan, Pertamina belum berani memastikan penyebab pasti dari tebakarnya pipa ini.

Perusahaan migas milik negara itu mengaku proses investigasi masih terus dilakukan. Meski demikian, Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman memastikan pasokan BBM di Bandung dan sekitarya masih dalam kondisi aman.




"Pasokan Dex untuk wilayah Bandung masih tercukupi, termasuk dari Terminal BBM Padalarang yang stok saat ini berada di kisaran 17 - 19 hari," katanya pada wartawan Selasa (22/10/2019).

Pemadaman telah dilakukan menggunakan foam. Saat ini tim Pertamina terus memantau kondisi di lapangan dan melakukan berbagai upaya penanggulangan lanjutan.

Pertamina juga tetap berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran, kepolisian, dan instansi terkait lainnya.
"Penyelidikan hingga kini masih dilakukan," ujarnya.

Dikatakan Fajriyah jarak aman pengerjaan proyek jaraknya sekitar 3 meter. Diriya meyakini pengerjaan sudah dilakukan sesuai dengan aturan atau dalam kondisi aman karena merupakan objek vital nasional.

"Pipa kedalamannya 3 - 5 meter, pipa di dalam tanah. Besarnya pipa diameter 12 inci," jelasnya.

Saat ini, Pertamina tengah merinci kerugian dan ganti rugi. Saat kejadian, pipa tengah digunakan untuk mengirim BBM jenis Petamina Dex.

"Kami belum tahu jumlah korban, kami sedang konfirmasi dengan pihak lainnya," katanya lagi.









(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading