Jadi Kontroversi, Bagaimana Nasib Stasiun Manggarai?

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
19 October 2019 21:54
Jadi Kontroversi, Bagaimana Nasib Stasiun Manggarai?
Jakarta, CNBC Indonesia - Stasiun Manggarai Jakarta, disiapkan untuk mengganti peran Stasiun Gambir sebagai hub atau persinggahan persimpangan utama kereta di DKI Jakarta dan sekitarnya. Namun, rencana ini sempat jadi kontroversi termasuk ditanggapi tak positif oleh mantan Menhub Ignasius Jonan.

Menhub Budi Karya mengatakan rencana tersebut akan berlanjut di periode selanjutnya hingga penyempurnaan Stasiun Manggarai selesai pada 2021.

"Rencana Manggarai sudah lama, secara ideal 1 konektivitas yang keluar harus dipisahkan dengan angkutan kota," kata Budi Karya di Press Background Capaian Kinerja Kemenhub 2014-2019, Sabtu (19/10/2019).




Ada ketimpangan dalam jumlah arus penumpang kereta dalam kota dan keluar daerah DKI Jakarta.

"Ada 1,2 juta orang yang menggunakan [kereta] dalam kota, keluar daerah 10 ribu, makanya kita prioritaskan dalam kota," kata Budi Karya.

Tingginya arus penumpang dalam kota menimbulkan antrean panjang penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Manggarai. Selain itu, kereta yang hendak melintas ke arah Gambir pun harus tertahan di Manggarai menunggu melintasnya kereta dari arah Gambir terlebih dahulu.

Mengenai revitalisasi Stasiun Manggarai, Dirjen Perkerataapian Zulkifli menjelaskan ke depannya, stasiun akan dilengkapi dua tingkat jalur kereta, atas dan bawah.

"Di lantai tiga akan ada 4 [jalur] KRL Bogor line dan 6 untuk antar kota, sementara di bawah 4 untuk kereta bandara dan 8 untuk KRL Bekasi line," kata Zulkifli. Sesuai rencana, revitalisasi Stasiun Manggarai akan rampung pada tahun 2021.

Mantan Menteri Perhubungan (Menhub) yang juga mantan Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan sempat buka suara soal rencana Stasiun Gambir tak melayani perjalanan kereta jarak jauh. Peran Gambir akan digantikan oleh Stasiun Manggarai.

Jonan menegaskan posisinya sebagai mantan Menhub dan mantan Dirut KAI, bahwa Stasiun Gambir harus tetap melayani kereta api jarak jauh. Ia mencontohkan seperti Tokyo Central Station dan banyak central station lain di banyak kota besar di dunia.

"Pengalihan ke Stasiun Manggarai tidak tepat," kata Jonan lewat Instagram detikcom, Selasa (8/10/2019). (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading