Cerita Bos Garuda 'Caplok' Bisnis Merpati dalam 2 Bulan

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
16 October 2019 17:04
Garuda bekerjasama dengan Merpati
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Utama PT Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, membeberkan kronologi kerja sama dengan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA).

Garuda dan Merpati kerja sama bidang Pelayanan Kargo Udara, Ground Handling, Maintenance Repair & Overhaul (MRO) dan Training Center.  Kerja sama ini sebagai bentuk mendukung komitmen restrukturisasi bisnis Merpati yang berhenti operasi sejak 1 Februari 2014 karena terlilit masalah keuangan.

Pria yang biasa disapa Ari Askhara ini mengaku mendapat mandat dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno untuk menyelamatkan bisnis Merpati. Arahan tersebut baru diterima sekitar 2 bulan yang lalu.




"Pada waktu Agustus, ibu [Menteri BUMN] bilang, kami ketemu karena membahas soal Sriwijaya. Ibu minta bahwa, Ari kamu bisa nggak bantu Merpati sekalian dijadikan satu," ungkap Ari Askhara dalam sambutannya di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (16/10/2019).

Sejak saat itu, dia meminta jajarannya mencari bahan mengenai restruksturisasi Merpati. Dia mulai mencari tahu kendala-kendala dan potensi yang bisa dikembangkan pada kimia bisnis Merpati. Akhirnya dia menemukan sebuah skema yang menurutnya paling simpel.

"Nah, kita menemukan cara yang simpel. Kita sama persis dengan Sriwijaya, pada waktu itu saya ke Pak Gatot (Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan, Kementerian BUMN Gatot Trihargo) dan Pak Arif Budiman (Dirut Danareksa), diterima," urainya.

Setelah itu, proses penjajakan dilakukan sekitar 1,5 bulan. Semua pihak sepakat sehingga 3 pekan lalu langsung merumuskan perjanjian yang ditandatangani hari ini, Rabu (16/10).

Ia menjelaskan bahwa Garuda mengambil alih pengelolaan bisnis Merpati meliputi kargo, maintenance facility, dan training center. "Semua dikelola oleh Garuda," katanya.

"Tidak ada suntikan dana. Kami hanya bantu operasional. Sebetulnya ini Merpati membawa volume BUMN sedangkan operasi dilakukan oleh Garuda," katanya. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading