2 Tahun Memimpin Jakarta, Apa Saja Prestasi Gubernur Anies?

News - Redaksi, CNBC Indonesia
16 October 2019 16:02
Terkait hal itu, Anies pun menggelar keterangan pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Selasa (15/10/2019).
Jakarta, CNBC Indonesia - Usia kepemimpinan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta Anies Rasyid Baswedan genap berusia dua tahun pada Rabu (16/10/2019). Terkait hal itu, Anies pun menggelar keterangan pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

"Seluruh program yang telah dan akan dijalankan selama dua tahun ini bertujuan untuk mewujudkan 'Wajah Baru Jakarta' yang berbakti, berhati, berkolaborasi dan merangkul," katanya seperti dilansir detik.com.

"Kita ingin agar solusi kota Jakarta itu solusi sesuai kebutuhan masyarakat. Solusi paling efektif adalah libatkan masyarakat secara langsung dalam proses perencanaan sampai pelaksanaan," lanjut mantan menteri pendidikan dan kebudayaan tersebut.


Berikut sederet prestasi yang diklaim Anies selama dua tahun:

Perumahan DP Rp 0
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah membuat Rumah DP Rp 0 di Klapa Village, Jakarta Timur, tahap pertama, 28 Juli 2019. Sebanyak 1.790 orang dinyatakan lolos seleksi program DP 0 Rupiah dari 2.359 pendaftar.

Pemprov DKI Jakarta kemudian membuka pendaftaran gelombang kedua pada 7 Agustus 2019. Hingga saat ini pendaftaran masih dibuka untuk penduduk dengan KTP DKI Jakarta yang berminat.

"Seiring dengan tingginya antusiasme warga, maka rencana lokasi hunian layak selanjutnya akan berada di daerah Cilangkap Jakarta Timur," kata Anies.

Kartu Kesejahteraan
Pemprov DKI Jakarta memperkenalkan enam jenis kartu kesejahteraan dalam dua tahun terakhir. Keenam kartu itu adalah Kartu Jakarta Pintar ( KJP ) Plus yang memberikan dana pendidikan sebesar Rp.250.000-Rp.450.000 per bulan sesuai jenjang pendidikan. Program ini telah diterima oleh 860.397 siswa di tahun 2019.

Kedua, Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) yang memberi dana pendidikan bagi mahasiswa sebesar Rp 9 juta/semester. Para penerima kartu ini terdiri dari 5.061 mahasiswa di 90 PTN.

Ketiga, Kartu Pekerja Jakarta (KPJ) yang memberikan manfaat untuk naik bus Transjakarta gratis, mendapat pangan bersubsidi, jadi peserta JakGrosir, dan anak pemilik KPJ otomatis memperoleh KJP Plus. Adapun penerima kartu ini per tahun 2019 adalah 17.934 pekerja.

2 Tahun Memimpin Jakarta, Apa Saja Prestasi Gubernur Anies?Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan uji coba jalur sepeda fase 2, beberapa waktu lalu (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)


Keempat, Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) yang memberikan manfaat finansial sebesar Rp 300.000/bulan dan telah diterima oleh 7.137 orang.

Kelima, Kartu Lansia Jakarta (KLJ) yang memberikan manfaat finansial sebesar Rp 600.000/bulan dan telah diterima oleh 40.419 lansia per tahun 2019.

Keenam, bidang Pangan Murah, pemegang kartu bantuan sosial DKI bisa mendapatkan komoditas pangan senilai Rp 350.000 di pasar dengan hanya membayar sebesar Rp 126.000.

Revitalisasi Trotoar
Selama dua tahun berjalan, Pemprov DKI Jakarta sudah merevitalisasi trotoar sepanjang 134 kilomoter. Angka ini akan bertambah karena di tahun ini Pemprov DKI Jakarta sudah menargetkan penambahan revitalisasi trotoar sepanjang 47 kilometer.

Taman Maju Bersama
Pemprov DKI Jakarta telah mencanangkan program 60 Taman Maju Bersama (TMB) sejak tahun 2017 sampai tahun 2019. Total target 200 Taman Maju Bersama hingga tahun 2022.

"Adapun prinsip dari TMB ini adalah kolaboratif, ramah anak dan multifungsi," ujar Anies.

Perlindungan Perempuan dan Anak
Fasilitas Pencegahan Kekerasan Perempuan dan Anak yang terdiri dari empat Rumah Aman, 19 pos pengaduan, aplikasi Jakarta Aman Siaga 112 yang bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, Unit Reaksi Cepat 24 Jam, dan delapan Pusat Pelayanan Terpadu/PPT gratis.

"Usaha Pemprov DKI ini telah menghasilkan penurunan angka kekerasan terhadap perempuan dan anak sebesar lebih dari 50 persen pada tahun 2019. Dengan pencapaian ini, di tahun yang sama Pemprov DKI Jakarta meraih predikat Kota Layak Anak dari lembaga internasional Save the Children untuk pertama kalinya," kata Anies.

[Gambas:Video CNBC]

Formula E curi perhatian
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading