Kapan Susunan Kabinet Diumumkan? Jokowi: Secepatnya!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
16 October 2019 11:55
Selain momen pelantikan, publik juga menanti-nanti kapankah susunan kabinet diumumkan oleh kepala negara.
Jakarta, CNBC Indonesia - Joko Widodo akan dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Kompleks Parlemen, Senayan, Minggu (20/10/2019) pukul 14.30 WIB.

Selain momen pelantikan, publik juga menanti-nanti kapankah susunan kabinet diumumkan oleh kepala negara. Ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (16/10/2019), Jokowi menjawab normatif perihal tersebut.

"Ya secepatnya setelah pelantikan," katanya tanpa menjelaskan lebih detail waktu pengumuman.


Perihal komposisi menteri dalam kabinet, Jokowi menyebut ada muka lama yang dipertahankan. Isu yang beredar nama-nama itu antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Ya adalah yang lama ada yang baru banyak. Belum dihitung persentasenya (komposisi baru dan lama)," ujar Jokowi.

Pada Jumat (11/10/2019), Jokowi memastikan susunan kabinet pemerintahan Jokowi-Ma'ruf memang sudah dipastikan rampung. Namun, masih terbuka kemungkinan formasi kabinet berubah.

Ia tak memungkiri pertimbangan perubahan susunan kabinet muncul pascamelakukan pertemuan dengan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto.

[Gambas:Video CNBC]


(miq/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading