Tak ada Soal Koalisi, Prabowo dan Surya Paloh Sepakati 3 Hal

News - Redaksi, CNBC Indonesia
13 October 2019 21:05
Tak ada Soal Koalisi, Prabowo dan Surya Paloh Sepakati 3 Hal
Jakarta, CNBC Indonesia - Pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat Surya Paloh di kediaman Surya Paloh, Permata Hijau, Jakarta, Minggu (13/10/2019), sudah pungkas. Dalam pertemuan itu, kedua pihak menyepakati sejumlah hal.

Poin-poin itu dibacakan oleh Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Jhonny G Plate. Berikut adalah tiga poin kesepakatan antara Gerindra dan Nasdem seperti dilaporkan detik.com.

1. Kedua pemimpin partai politik sepakat untuk memperbaiki citra partai politik dengan meletakkan kepentingan nasional di atas kepentingan lain dan menjadikan persatuan nasional sebagai orientasi perjuangan serta menjaga keutuhan bangsa.


2. Kedua pemimpin partai politik sepakat untuk melakukan segala hal yang dianggap perlu untuk mencegah dan melawan segala tindakan radikalisme berdasar paham apa pun yang dapat merongrong ideologi Pancasila dan konsensus dasar kebangsaan.

3. Kedua pemimpin partai politik sepakat bahwa amandemen UUD 1945 sebaiknya bersifat menyeluruh yang menyangkut keutuhan tata kelola negara sehubungan dengan tantangan kekinian dan kehidupan berbangsa yang lebih baik.

Pertemuan antara Prabowo dan Paloh hadir dua hari selepas pertemuan antara Prabowo dengan Presiden Joko Widodo. Di sisi lain, Nasdem merupakan salah satu dari partai politik pendukung Koalisi Indonesia Kerja yang sukses mengantarkan Jokowi-Ma'ruf memenangkan pilpres 2019 lalu.



Selepas menemui Prabowo di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019), Jokowi membenarkan, pertemuan itu juga membahas kemungkinan Gerindra bergabung ke dalam koalisi pemerintah.

"Tapi ini belum final. Kami sudah bicara banyak mengenai kemungkinan Partai Gerindra untuk masuk koalisi kita," ujarnya kepada wartawan.

Lalu, apakah ada nama kader Gerindra yang sudah diajukan sebagai menteri?

"Sudah saya sampaikan belum final kalau sudah final kami sampaikan," kata Jokowi.

Terpisah, Prabowo mengatakan, Gerindra selalu mengutamakan kepentingan yang lebih besar, yaitu bangsa dan negara. Oleh karena itu, apabila diperlukan, Gerindra siap membantu.

"Kami akan beri gagasan, pertumbuhan bisa tumbuh double digit. Kalau kita tidak masuk kabinet, kami akan tetap loyal. Check and balances," ujar Prabowo.

[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading