Kemenkeu Ramal PDB Tumbuh 5,08% di 2019, Target APBN Gimana?

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
11 October 2019 13:40
Kemenkeu Ramal PDB Tumbuh 5,08% di 2019, Target APBN Gimana?
Tangerang, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan masih yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tercapai di atas 5% sepanjang tahun ini. Maski di tengah tantangan global yang semakin tak menentu.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara mengatakan, perekonomian Indonesia masih bisa tumbuh 5,08% hingga akhir tahun.

Proyeksi ini tentunya lebih rendah dibandingkan dengan target di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar 5,3%.


"Perkiraan kita juga 5,08%. Ya sama dengan pertimbangan kita yang lalu, melihat kondisi ekonomi dunia yang sedang turun," ujarnya di Pantai Tanjung Pasir, Jumat (11/10/2019).



Menurutnya, pertumbuhan jauh dari target karena kondisi perdagangan global yang juga menurun. Penurunan ini juga berdampak pada kinerja ekspor Indonesia yang tidak terlalu baik.

"Ini dampaknya ke dalam negeri, tentu pertama lewat ekspor. Kalau ekspor turun, menjalar ke yang lain lain, ke manufaktur kita, terus perang dagang dan seterusnya, punya impact ke kita," jelasnya.

Bahkan, Sua menilai pelemahan pada laju pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah diprediksi sejak awal tahun. Terutama dengan kondisi global yang semakin melemah dan juga perekonomian dunia yang menurun.

"Dari beberapa bulan lalu kita sudah memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2019 di 5,08%," tegasnya.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading