Ngabalin: Jokowi Umumkan Formasi Kementerian Pekan Depan

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
04 October 2019 19:30
Kantor Staf Presiden mengakui adanya perubahan nomenklatur Kementerian atau Badan baru pada rezim Jokowi jilid dua.
Jakarta,  CNBC Indonesia- Kantor Staf Presiden mengakui adanya perubahan nomenklatur Kementerian atau Badan baru pada rezim Jokowi jilid dua. Rencananya, Presiden Jokowi akan mengumumkan nomenklatur Kementerian baru pada pekan depan.

"Seperti yang kemarin, pernah kan bapak presiden menyampaikan ada beberapa badan kementerian yang baru," ujar Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin di Gedung Kemenko Kemaritiman rabu (4/10/2019).


Menurutnya, Presiden Jokowi akan mengumumkan soal perubahan nomenklatur Kementerian dan badan baru yang baru pada pekan depan. "Selasa atau rabu mungkin bapak Presiden akan menjelaskan pertanyaan ini," ujarnya.


Namun, dia tidak bisa memastikan kapan Presiden akan mengumumkan menteri dan kepala Lembaga Kabinet 2019-2024. Kemungkinan, pengumuman Menteri baru dilakukan setelah Jokowi dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober 2019.

"Siapa tahu seperti yang lalu-lalu, setelah pelantikan siang, sore sudah bisa diumumkan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan Presiden Jokowi mengubah sejumlah nomenklatur kementerian pada kabinet jilid dua pemerintahannya bersama Ma'ruf Amin.

Meskipun belum secara detail menjelaskan kepada publik, perlahan tapi pasti rencana Jokowi untuk menggabungkan sejumlah kementerian dan lembaga mulai terungkap.

Pembahasan soal nomenklatur ini sudah mengerucut. Beberapa sumber CNBC Indonesia yang ikut dalam pembahasan nomenklatur mengatakan perubahan yang sudah pada tahap akhir adalah Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Maritim.

"Kemenko bidang Maritim akan menjadi Kemenko Bidang Maritim dan Investasi. Nantinya seluruh investasi akan terpusat di bawah kendali Menko Maritim dan Investasi," ungkap sumber CNBC Indonesia seperti ditulis Rabu (2/10/2019).


Selain itu, Kementerian Investasi, masih menurut sumber tersebut bakal terwujud. Kementerian Investasi adalah jelmaan dari BKPM saat ini. "Kemudian, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan dipertimbangkan dilebur dengan Kementerian Perdagangan," jelasnya.

Sementara, Kementerian Perindustrian masih akan berdiri sendiri.


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading