Wah, Posisi Wamen Bakal Lebih Banyak di Periode II Jokowi?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
03 October 2019 11:55
Wah, Posisi Wamen Bakal Lebih Banyak di Periode II Jokowi?
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melebur sejumlah nomenklatur kementerian pada kabinet jilid II pemerintahannya dalam 5 tahun yang akan datang.

Meskipun belum secara detail menjelaskan ke publik, perlahan tapi pasti rencana Jokowi menggabungkan sejumlah nomenklatur kementerian dan lembaga mulai terungkap.

Yang juga menarik dari sisi nomenklatur adalah posisi Wakil Menteri (Wamen).


"Posisi Wakil Menteri itu akan ditambah di nomenklatur baru. Akan ada banyak Kementerian yang punya Wakil Menteri," papar sumber CNBC Indonesia yang mengetahui pembahasan nomenklatur baru tersebut seperti dikutip Kamis (3/10/2019).

Dari sisi pembahasan nomenklatur sudah mengerucut. Yang sudah dalam tahap akhir adalah atau final adalah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

"Kemenko Bidang Maritim akan menjadi Kemenko Bidang Maritim dan Investasi. Nantinya seluruh investasi akan terpusat di bawah kendali Menko Maritim dan Investasi," ungkap sumber CNBC Indonesia.

Selain itu, Kementerian Investasi, masih menurut sumber tersebut, bakal terwujud dan menjadi jelmaan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saat ini.

"Kemudian, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) akan dipertimbangkan dilebur dengan Kementerian Perdagangan," jelasnya.

Sementara itu, Kementerian Perindustrian yang dikabarkan akan dilebur menjadi satu dengan Kementerian Perdagangan dipastikan akan tetap berdiri sendiri.

Tak hanya itu, Kementerian Ekonomi Digital bahkan disebut akan hadir dalam nomenklatur jilid dua pemerintahan Jokowi. Di tengah perubahan ekonomi dunia, maka diperlukan suatu badan yang bisa mengantisipasi perubahan.






(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading