Rangkap Jabatan Menteri Ala Jokowi Sebelum Demisioner

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
02 October 2019 06:36
Menteri Darmin ragkap jabatan
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Darmin Nasution sebagai pelaksana tugas (Plt.) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggantikan Puan Maharani yang resmi mengundurkan diri dari jabatannya.

Keputusan pengunduran diri tersebut diambil putri Megawati Soekarnoputri itu pasca terpilih sebagai salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk masa jabatan 2019-2024, seperti dikutip melalui keterangan resmi, Rabu (2/9/2019).

Penunjukan itu berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 100/P Tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.



Selama beberapa waktu ke depan, Darmin Nasution akan menjalankan tugas-tugas Menko PMK sekaligus tetap menjalankan tugasnya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Sementara itu, Kepala Negara juga menunjuk Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, sebagai Plt. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) menggantikan Yasonna Laoly.

Sama halnya dengan Puan, Yasonna resmi mengundurkan diri dari jabatannya setelah terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.


Penunjukan Tjahjo selaku Plt. Menkumham berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 99/P Tahun 2019 tentang Pemberhentian dan Penunjukan Pelaksana Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab Menteri Hukum dan HAM.

Dalam surat pengunduran diri yang disampaikan kepada Presiden, Puan dan Yasonna menuliskan bahwa pengunduran diri mereka dimaksudkan untuk menaati aturan dengan mengacu pada pasal 23 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

Aturan tersebut menjelaskan bahwa seorang menteri dilarang untuk merangkap jabatan sebagai pejabat negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sebagai informasi, ini merupakan kali ketiga Jokowi menunjuk salah satu menterinya untuk merangkap jabatan dalam kurun waktu 1 bulan terakhir. Keputusan ini diambil, jelang berakhirnya masa pemerintahan Kabinet Kerja jilid pertama.

Jokowi sebelumnya telah menunjuk Hanif Dhakiri sebagai Plt Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan Imam Nahrawi yang tersandung kasus dugaan korupsi. Hanif pun saat ini masih berstatus Menteri Ketenagakerjaan.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Pesan Darmin ke Airlangga Hartarto: Cepat Pahami Inflasi


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading