Pekan Depan, LRT Jabodebek Mondar-Mandir Cawang-Cibubur

News - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
01 October 2019 19:02
Pekan Depan, LRT Jabodebek Mondar-Mandir Cawang-Cibubur
Jakarta, CNBC Indonesia - LRT Jabodebek bakal menjalani masa uji coba rute mulai pekan depan. Demikian disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Rini bilang, rangkaian kereta hasil produksi PT INKA akan dicoba di atas jalur LRT Jabodebek. "Insya Allah bentar lagi. LRT minggu depan kita taruh kereta ya. Kita taruh yang untuk Cibubur-Cawang, dites dulu," ungkap Rini di sela mencoba transaksi pembayaran KRL menggunakan LinkAja, di Jakarta, Selasa (1/10/2019).




Jika tahap uji coba rampung, maka LRT Jabodebek tersebut bisa beroperasi secara komersial. Namun, dia tak merinci tenggat waktu uji coba yang dijalankan.

"Ya tergantung, kan izinnya nanti dari Kementerian Perhubungan. Jadi nanti kita tes dulu, baru nanti sekalian [urus sertifikat] layak fungsi," pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan perihal tertundanya operasional LRT Jabodebek rute Cawang-Cibubur yang seharusnya bisa beroperasi pada Oktober 2019. Ia justru mengatakan LRT rute itu baru bisa beroperasi pada 2021.

Ia menuturkan, dari sisi teknis, rute LRT Cibubur-Cawang memang dimungkinkan dapat beroperasi pada Oktober 2019. Namun, eks Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu mengatakan realisasi tersebut perlu dibahas bersama-sama.

Sekadar gambaran, progres pembangunan LRT Jabodetabek rute Cibubur-Cawang sampai sekarang mencapai di atas 90%.

"Karena kita ingin subsidi (jangan sampai) tidak memberikan dampak. Kalau jumlah penumpangnya tidak terlalu banyak mungkin ini akan kita evaluasi," ujar Budi Karya kepada wartawan di JCC, Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Budi Karya sempat menyampaikan dari perhitungan konsultan, Cawang-Cibubur diperkirakan memiliki ridership (penumpang) sedikit sehingga berpengaruh terhadap subsidi.



Rencana itu berbeda dibanding keinginan Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno yang disampaikan beberapa waktu lalu. Ia berharap LRT Jabodebek rute Cawang-Cibubur bisa beroperasi pada akhir Oktober atau awal November 2019.

Berdasarkan perhitungan Budi Karya, pada akhir Oktober 2019, LRT Cibubur-Cawang baru bisa dioperasikan secara uji coba, bukan operasi komersial. Ia berharap, rute yang bakal beroperasi terlebih dahulu Cawang-Dukuh Atas, menyusul kemudian Cawang-Cibubur. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading