Jokowi Gaji Pengangguran Tahun Depan, Usia Berapa Bisa Ikut?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
27 September 2019 07:55
Program pra kerja Jokowi akan menyasar mereka yang sudah tak sekolah formal usia di atas 18 tahun.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Tenaga Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan ketentuan persyaratan usia yang akan diberlakukan dalam program kartu pra-kerja mulai 2020 adalah mereka yang sudah tak bersekolah secara formal. Usianya diusahakan di atas 18 tahun dan sedang tak bekerja.

"Kalau usia 18 tahun ke atas cuma itu saja, dan nggak bekerja," kata Hanif.

Ia mengatakan saat ini pemerintah masih melakukan persiapan untuk menggulirkan program ini siap Januari 2020. Beberapa hal memang belum diputuskan seperti nilai insentif atau gaji yang bisa diberikan kepada para peserta yang ditargetkan mencapai 2 juta orang.




Artinya besaran gaji yang akan diberikan untuk program pra kerja Jokowi masih belum final. Pemerintah memang masih sebatas memberikan rentang gaji antara Rp300-500 ribu per bulan selama 3 bulan.

Hanif mengatakan semua aspek pada program pra kerja masih akan dibahas, termasuk konsep implementasi masih akan dituntaskan. Termasuk biaya pelatihan, insentif bagi para peserta belum final.

"Kemarin (waktu rakor) sudah ada range-nya tapi keputusannya berapa masih akan dirapatkan lagi," katanya.

Namun, sejauh ini yang sudah hampir final adalah soal sektor-sektor yang akan masuk dalam program pra kerja. Rencananya akan ada 6 sektor prioritas yang akan disertakan pada program pra kerja, akan fokus pada sektor yang memang benar-benar dibutuhkan dunia kerja.

"Sehingga kita ini bukan melatih calon pengangguran, kita ini justru melatih anak-anak kita agar dia bekerja atau berwirausaha," katanya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyampaikan Rancangan Undang-Undang tentang APBN 2020 beserta Nota Keuangannya. Salah satu program yang akan diusung adalah kartu Pra-Kerja 2020.



Jokowi mengatakan untuk meningkatkan akses keterampilan bagi anak- anak muda, para pencari kerja, dan mereka yang mau berganti pekerjaan, Pemerintah pada tahun 2020 akan menginisiasi program kartu Pra-Kerja.

"Di mana mereka dapat memilih jenis kursus yang diinginkan, antara lain coding, data analytics, desain grafis, akuntansi, bahasa asing, barista, agrobisnis, hingga operator alat berat," ujar Jokowi di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019).
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading