Nias ke Maluku, Ini Wilayah yang Rasakan BBM Murah Kaya Jawa

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
26 September 2019 17:16
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan 6 penyalur bahan bakar minyak (bbm) satu harga.
Jakarta, CNBC Indonesia- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan 6 penyalur bahan bakar minyak (bbm) satu harga. Dengan begitu hingga kini sudah ada 157 titik bbm satu harga, dari total 170 titik yang ditargetkan dibangun tahun ini.

"Kenapa Kita mencanangkan program BBM Satu Harga, ini sesuai dengan amanat Bapak Presiden di awal pemerintahan. Beliau mencanangkan membangun dari pinggiran, salah satu tantangan pembangunan di pinggiran adalah penyediaan sumber energi yang terjangkau untuk seluruh masyarakat," kata Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dalam siaran resminya, Kamis (26/09/2019).


Adapun 6 titik baru yang diresmikan hari ini yakni dua Penyalur di Kecamatan Lolowau dan Kecamatan Lahusa, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Kemudian masing-masing satu penyalur di Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat; Kecamatan Safan, Kabupaten Asmat, Papua; di Kecamatan Mangoli Barat, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara; dan di Kecamatan Pulau Leti, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku.


Arcandra mengatakan bbm satu harga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat, sehingga akan memberikan multiplier effect terhadap kemandirian ekonomi di daerah. Selain itu, bbm Satu Harga juga membuktikan kehadiran negara hadir di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan akses bbm yang sama seperti dengan masyarakat yang tinggal di Pulau-pulau besar seperti Jawa, Bali dan Sumatera.

Secara nasional, dari 2017-2019 akan dibangun 170 titik penyalur bbm satu harga. Pada 2017 telah dibangun 57 penyalur dan 74 penyalur telah dibangun di 2018, dan 2019, ditargetkan sebanyak 39 Lembaga Penyalur akan beroperasi.

Dari jumlah tersebut ada 38 Lembaga Penyalur oleh PT Pertamina (Persero) dan 1 Lembaga Penyalur oleh PT AKR Corporindo Tbk (AKRA). Hingga saat ini penyalur BBM Satu Harga yang telah beroperasi adalah sebanyak 167 penyalur.

Foto: Pelaksanaan Posko Lebaran ESDM Aman dan Lancar (CNBC Indonesia TV)


Sebelumnya, Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan sejak 17 Oktober 2016 pihaknya telah memastikan 165 titik daerah 3T telah mendapatkan BBM dengan harga yang sama seperti Ibu Kota DKI Jakarta.

"Pelaksanaan BBM Satu Harga ini sudah menjangkau kurang lebih 571.991 kepala keluarga yang berada di 164 kecamatan di Indonesia," ujar Ifan, panggilan akrab Fanshurullah.


Kesuksesan BBM Satu Harga yang dijalankan BPH Migas juga ditandai dengan tersisanya 5 titik lagi, dari target 170 titik BBM Satu Harga bisa tercapai. Selain itu, BPH Migas akan semakin menggenjot program BBM satu harga dalam lima tahun ke depan, sesuai dengan arahan dari Presiden Jokowi.

"BPH Migas berperan aktif untuk menjaga dan meningkatkan sinergi serta berkoordinasi dengan Kementerian ESDM, Polri, Badan Usaha pelaksana penugasan BBM 1 Harga yaitu PT Pertamina (Persero) dan PT AKR Corporindo Tbk," ujar Ifan.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading