Peluang Ekspor Babi ke China, Mentan: Oh, Jangan Itu Dicatat!

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
18 September 2019 12:41
Apakah Indonesia akan ekspor babi? Foto: Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melepas operasi pasar telur ayam di Pasar Tebet Barat, Rabu (8/5). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Jakarta, CNBC Indonesia - China sedang dihadapkan dengan persoalan defisit pasokan daging babi karena wabah flu babi Afrika. Negeri Tirai Bambu ini akan impor besar-besaran, apakah Indonesia akan ambil peluang ekspor?

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan dalam waktu dekat justru ekspor yang akan digenjot di sektor pertanian adalah buah-buahan hingga sarang burung walet. Bagaimana dengan Babi ternak?

"Oh, jangan itu yang dicatat. Kami rencana ekspor pineapple (nanas), mangosteen (manggis), sarang burung walet ke Argentina," kata Mentan Amran usai rakor pangan di Kemenko Perekonomian, Rabu (18/9)




Amran mengatakan upaya peningkatan ekspor ke China justru adalah minyak sawit mentah atau CPO, bukan yang lain.

China tengah dipusingkan dengan persoalan harga daging babi yang menjadi kebutuhan penting masyarakatnya. Serangan penyakit flu babi Afrika berujung pembantaian massal babi yang terkena penyakit di sentra peternakan China, berakibat pada kekurangan pasokan dan lonjakan harga.

Meningkatnya harga babi di China membuat kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia itu khawatir. Bahkan, pemerintah China menargetkan persoalan ini harus segera selesai sebelum ulang tahun ke-70 negara tersebut.



Pasalnya harga babi sudah naik sangat signifikan selama 17 bulan terakhir. Pada Agustus, harga daging babi naik 46,2% dibanding Juli lalu. Harga babi diperdagangkan sekitar 30-33 yuan atau sekitar US$ 4 per kilogram.

Impor daging babi China 2019 diramal meningkat dua kali lipat dari tahun lalu menjadi 2 juta ton. Pasalnya, flu babi yang berasal dari Afrika bakal memukul produksi babi di China.
Artikel Selanjutnya

Mengintip! Sarang Pemotongan Babi di Tangerang


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading