Ini Bukti Skill Orang Indonesia di Bawah Vietnam

News - Suhendra, CNBC Indonesia
18 September 2019 09:37
Vietnam dianggap unggul dari Indonesia soal sumber daya manusia.
Jakarta, CNBC Indonesia - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) mengungkapkan kemampuan sumber daya manusia di Indonesia masih kalah dengan negara-negara tetangga seperti Vietnam. 


Kepala Departemen Ekonomi CSIS Jakarta Yose Rizal Damuri mengatakan berdasarkan penelitian, jumlah orang berkemampuan (skill) tinggi di Indonesia masih jauh dibandingkan dengan negara lain. Dalam kurun waktu 2-3 tahun di Indonesia hanya menghasilkan 15 ribu orang, sementara di Korea Selatan 160 ribu orang.

"Rata-rata didikan dari para pekerja kita itu rendah dibandingkan dengan Vietnam aja masih rendah," katanya dalam acara 2019 CSIS Global Dialogue, Jakarta, Selasa (17/9/2019).



Ia mencontohkan tes kemampuan matematika untuk kelas 4 SD saja banyak yang belum bisa mengerjakan. Seperti 1/3 - 1/6, padalah ini pertanyaan yang mudah. Berdasarkan studi di populasi usia 18 tahun, hanya 9 persen yang bisa menjawab dengan benar.

"Kita nggak siap punya kemampuan seperti itu. Padahal itu pertanyaan yang mudah. Ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah untuk meningkatkan human capital," ungkapnya.



Dalam catatan, Global Human Capital Index 2017, yang dirilis oleh WEF, posisi Indonesia memang persis di bawah Vietnam yang berada di peringkat 64 dari 130 negara, sedangkan Indonesia di posisi ke-65.

Indonesia juga kalah dengan Malaysia yang di posisi ke-33, apalagi Singapura di posisi ke-11. Posisi teratas masih diduduki negara-negara makmur macam Norwegia dan Finlandia.

Namun, peringkat Indonesia memang membaik dari posisi 2016 yang sempat di peringkat ke-72.

Sedangkan versi Bank Dunia melalui Human Development Report (2018) Indonesia ada di urutan ke-116 dari 189 negara, menempel dengan Vietnam di posisi yang sama. Namun, Vietnam dalam kurun waktu 2012-2017 menunjukkan kenaikan yang positif, Indonesia justru sebaliknya, mengalami penurunan peringkat dalam 5 tahun terakhir.

Global Human Capital Index berisi peringkat untuk negara-negara berdasarkan soal sejauh mana negara itu mengembangkan sumber daya manusia yang mengacu pada kapasitas dalam pendidikan formal, aspek implementasi keterampilan diterapkan di tempat kerja dan lainnya.
(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading