Kabut Asap di Sampit Parah, Penerbangan Batal!

News - Efrem Limsan Siregar, CNBC Indonesia
15 September 2019 13:57
Sejumlah penerbangan dilaporkan mengalami delay dan pembatalan terbang akibat kabut asap yang melanda beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah penerbangan dilaporkan mengalami delay dan pembatalan terbang akibat kabut asap yang melanda beberapa wilayah Sumatera dan Kalimantan.

"Sampit itu (kabut asap) parah. Kita minta Airnav operator AP II agar sangat hati-hati membaca situasi dan merekomendasikan kepada yang konservatif," kata Menteri Perhubungan Budi Karya di Jakarta Convention Center, Minggu (15/9/2019).

Dari laporan terbaru yang diterimanya, Budi Karya mengatakan, dampak dari kabut asap telah mengganggu visibilitas atau jarak pandan pilot. Di Pekan Baru, Riau, beberapa maskapai sempat mengalami delay, sementara di pembatalan (cancel) terjadi di Sampit, Kalimantan Tengah, sampai pada siang ini.



"Sampit cancel memang, tidak bisa terbang. (Jumlah kerugian) tim akan evaluasi," katanya.

Meski demikian, ia mengatakan sampai saat ini belum ada notice pelarangan terbang kepada otoritas terkait. Kementerian Perhubungan, kata Budi, dalam kejadian ini, masih mengawasi dan memberikan informasi.

"Silakan maskapai koordinasi dengan Airnav di sana, bagaimana rekomendasinya," kata Budi Karya.


Sementara untuk pelayaran ke wilayah Kalimantan dan Sumatera disebutnya berjalan normal, meski ada beberapa kendala akibat jarak pandang namun tidak berdampak signifikan. Untuk penanganan asap, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada BNPB.


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading