2 Kilang Minyak Saudi Aramco Diserang Drone

News - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
14 September 2019 16:44
2 Kilang Minyak Saudi Aramco Diserang Drone
Jakarta, CNBC Indonesia- Dua fasilitas milik Saudi Aramco di Abqaiq dan Khurais diserang pesawat nirawak alias drone. Serangan ini menyebabkan kebakaran di dua fasilitas milik perusahaan minyak tersebut.

Dilansir dari Reuters, satuan keamanan perusahaan tersebut telah mengendalikan situasi ini, berdasarkan keterangan Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Masih belum teridentifikasi siapa dalang dari serangan tersebut. Meski demikian, dilansir dari AFP peristiwa ini mengikuti lonjakan ketegangan regional dengan Iran.




"Pada pukul 04:00 pagi (01:00 GMT) tim keamanan industri Aramco mulai menangani kebakaran di dua fasilitasnya di Abqaiq dan Khura sebagai akibat dari Drone. Kedua api telah dikendalikan," kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi dilansir dari Agence France Presse, Sabtu (14/09/2019).

Penyelidikan juga sudah dilakukan setelah serangan diluncurkan namun belum bisa mengindentifikasi sumber drone. Dalam keterangan tersebut tidak disebutkan adanya korban atau dampak pada kedua fasilitas tersebut. Juru Bicara juga menyebutkan serangan ini juga terjadi di masa persiapan perusahaan ini tersebut melantai di bursa saham.



Dalam beberapa bulan terakhir, pemberontak Huthi yang bersebelahan dengan Iran telah melakukan serentetan serangan rudal lintas-perbatasan dan pesawat tak berawak yang menargetkan pangkalan udara Saudi dan fasilitas lainnya. Hal ini dilakukan sebagai pembalasan atas kampanye pemboman yang dipimpin Saudi yang telah berlangsung lama pada pemberontak yang dikuasai pemberontak.

Huthis tidak langsung mengklaim bertanggung jawab atas serangan hari Sabtu, tetapi televisi Al-Masirah pemberontak tweeted bahwa itu akan merilis "pernyataan penting" tentang operasi pesawat nirawak besar di kerajaan.


Simak Video JP Morgan Siap Tangani IPO Saudi Aramco

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading