Resmi! DPR RI Pilih Firli Bahuri Sebagai Ketua KPK 2019-2023

News - Redaksi, CNBC Indonesia
13 September 2019 08:52
Kesepakatan itu diambil dalam rapat yang berlangsung di ruang rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019) dini hari WIB.
Jakarta, CNBC Indonesia - Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat sepakat untuk memilih Firli Bahuri sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi periode 2019-2023. Kesepakatan itu diambil dalam rapat yang berlangsung di ruang rapat Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (13/9/2019) dini hari WIB.

"Seluruh perwakilan fraksi-fraksi menyepakati untuk menjabat pimpinan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi adalah saudara Firli Bahuri," ujar Ketua Komisi III DPR RI Azis Syamsudin seperti dilansir detik.com.

Sementara itu, posisi wakil ketua KPK ditempati oleh Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar.


Sebelumnya, Komisi III DPR RI menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 calon pimpinan KPK sejak Rabu (11/9/2019) hingga Kamis (12/9/2019). Setelah itu digelar pemungutan suara untuk menentukan lima pimpinan lembaga antirasywah. Berikut adalah hasilnya:

Alexander Marwata: 53 suara
Firli Bahuri: 56 suara
Johanis Tanak: 0 suara
Luthfi Jayadi Kurniawan: 7 suara
Roby Arya Brata: 0 suara
Lili Pintauli Siregar: 44 suara
Nurul Ghufron: 51 suara
Sigit Danang Joyo: 19 suara
Nawawi Pomolango: 50 suara
I Nyoman Wara: 0 suara

"Dengan ini, terjaring lima, Nawawi, Lili Pintauli, Nurul Ghufron, Alexander Marwata, dan Firli Bahuri," ujar Azis seperti dilansir detik.com.

Setelah itu, rapat diskors selama lima menit untuk dilakukan pemilihan ketua KPK. Dan berdasarkan kesepakatan seluruh fraksi, maka dipilihlah Firli sebagai ketua lembaga antirasywah tersebut.

[Gambas:Video CNBC]




(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading