Tegur Menteri, Jokowi: Investor Susah Realisasi Investasi

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 September 2019 15:21
Tegur Menteri, Jokowi: Investor Susah Realisasi Investasi Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (detikFoto/Dikhy Sasra)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan kepada jajaran menteri Kabinet Kerja atas komitmen investasi para investor yang sampai saat ini tak kunjung terealisasi.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi di depan para menteri Kabinet Kerja saat memimpin rapat terbatas dengan topik Perbaikan Ekosistem Investasi di Kantor Presiden, Jakarta.

"Saya minta agar setiap kementerian yang berhubungan dengan investasi, menginventarisir perusahaan. Kemarin sudah saya minta tapi saya ulangi lagi," kata Jokowi, Rabu (11/9/2019).



"Perusahaan mancanegara yang sudah berkomitmen menanamkan investasinya di negara kita namun terlambat realisasi karena mengalami kendala di lapangan sehingga belum terealisasi," kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa masih banyak perusahaan dalam skala besar maupun kecil yang komitmen investasinya sampai saat ini belum terealisasi karena terkendala berbagai masalah.

"Yang gede-gede banyak yang sedeng-sedeng lebih banyak. Tolong inventarisir semuanya. Dan saya minta dicek satu per satu masalahnya ada di mana," tegasnya.

Jokowi ingin para menterinya betul-betul menginventarisir apa saja yang menjadi kendala para investor. Menurutnya, sudah saatnya Indonesia terlepas dari masalah klasik seperti ini.



"Segera dilakukan bottlenecking sehingga kita harus buka sumbatan apa yang menyebabkan itu tidak terealisasi," jelasnya.

"Saya juga ingin mengingatkan pada kita bahwa kita perlu kerja cepat. Dan masalah yang sering kali kita buat sendiri yang membelenggu kita sendiri," katanya.


(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading