Jokowi Pamerkan Tol Cisumdawu yang Tembus Perut Gunung

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
09 September 2019 09:14
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan sedikit kemegahan proyek pembangunan Jalan Tol Cisumdawu. Foto: Tol Cisumdawu (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan sedikit kemegahan proyek pembangunan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menghubungkan titik Ranca Kalong dan Sumedang, Jawa Barat.

Hal tersebut dipamerkan Jokowi melalui akun Instagram pribadinya @jokowi, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (9/9/2019). Jalan tol ini bersisian melalui terowongan kembar sepanjang 472 meter menembus perut gunung.

"Di atasnya jalan jalan dan jembatan bersilangan menghubungkan pemukiman warga Desa Cilengser di Kecamatan Ranca Kalong, Sumedang. Dan dari kejauhan terlihat gunung menjulang dan masih berselaput kabut. Indah, bukan?," jelas Jokowi.

[Gambas:Instagram]

Terowongan ini berada di seksi dua jalan tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan dengan panjang 61,5 kilometer yang terdiri dari enam seksi, berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Adapun seksi 1 sampai 3 sepanjang 32,3 kilometer ditargetkan rampung akhir tahun 2020. Sementara sisanya, seksi 4 sampai 6 sepanjang 29,2 kilometer sebagian dalam tahap konstruksi, dan tahap pembebasan lahan.

Foto: Tol Cisumdawu (Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR)


Jokowi berharap kehadiran jalan tol ini akan memperlancar akses kendaraan dari Bandung menuju Bandara Kertajati di Majalengka dan mendukung pengembangan kawasan segitiga emas Cirebon Subang Majalengka sebagai pusat ekonomi baru.

"Kami optimis akhir tahun 2020, Tol Cisumdawu bisa rampung. Untuk arus mudik 2020, Seksi 1-3 diharapkan sudah bisa dilalui fungsional yakni sampai Sumedang. Pada Lebaran tahun 2019, juga sudah kita buka, namun hanya sampai terowongan di Rancakalong," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit, dalam keterangan resmi di situs Kementerian PUPR.

Artikel Selanjutnya

Tol dengan Terowongan Pertama di RI Operasi Tahun Depan


(tas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading