Masih Bisakah RI Capai Produksi 1 Juta Barel Minyak?

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
06 September 2019 20:24
Masih Bisakah RI Capai Produksi 1 Juta Barel Minyak?
Jakarta, CNBC Indonesia - Produksi minyak 1 juta barel per hari masih menjadi mimpi pemerintah, meski katanya era kejayaan minyak sudah padam.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan, mimpi tersebut hari ini menjadi tanggung jawab semua pihak untuk menjaga ketahanan energi nasional. Ia pun menyiapkan beberapa strategi agar mimpi tersebut bukan hanya sekedar mimpi.




Merinci lebih jauh, langkah strategis tersebut yang pertama yakni melalui fasilitas keterbukaan data. Kementerian ESDM telah mengeluarkan aturan untuk memudahkan keterbukaan data potensial sebuah daerah atau lapangan untuk mencari sumber migas di dalamnya, hal ini diharapkan bisa meningkatkan produksi migas dalam negeri.

Kedua, lanjut Dwi, yakni melalui transformasi dari cadangan menjadi produksi. Ia mengatakan, pihaknya berupaya aktif untuk mempercepat segala macam pembahasan.

"Berikutnya terkait teknologi Enhanced Oil Recovery (EOR) yang penting untuk menjaga penurunan laju produksi dari lapangan-lapangan migas yang sudah tua di Indonesia. Dalam pameran kali ini, saya juga melihat banyak dijumpai teknologi-teknologi tersebut," tutur Dwi ketika menutup gelaran Konvensi IPA 2019, di Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Kemudian, strategi berikutnya yakni terkait eksplorasi. Seperti diketahui, pemerintah fokus untuk mendorong eksplorasi. SKK Migas juga mempromosikan 10 potensi cadangan migas raksasa (giant discovery) yang ada dan berharap ada perusahaan migas yang tertarik masuk ke dalamnya.

"Dengan mengidentifikasi 10 area eksplorasi, kami optimistis dapat mendorong mendapatkan cadangan migas ke depan dan dapat menggantikan lapangan migas yang tua. Ini momentum untuk mentranformasi sektor migas," katanya.

Ia mengakui, memang dibutuhkan banyak investasi untuk mendorong efisiensi, dan mengoptimalkan produksi. Sehingga, pemerintah berupaya untuk terus mencipatakan stabilitas investasi. 

"Kami ingin terus membangun komunikasi yang lebih baik. Kalau ada yang menghalangi proses ini, sampaikan kepada kami," imbuhnya.

"Saya percaya, dengan adanya hari baru, akan ada harapan baru," pungkas Dwi.

Masih Bisakah RI Capai Produksi 1 Juta Barel Minyak?Foto: Infografis/Capaian Kinerja Hulu Migas Semester I 2019/Arie Pratama
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading