Jokowi Kesal RI Kalah Seksi dari Vietnam, Cek Faktanya

News - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
04 September 2019 16:59
Jokowi kurang puas karena Indonesia kalah bersaing dengan negara-negara tetangga dalam menarik investasi.
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi mengutarakan kekecewaan. Kali ini eks gubernur DKI Jakarta itu kurang puas karena Indonesia kalah bersaing dengan negara-negara tetangga dalam menarik investasi.

"Dari investor-investor yang kita temui, dan catatan yang disampaikan Bank Dunia kepada kita, dua bulan yang lalu ada 33 perusahaan di Tiongkok keluar, 23 memilih Vietnam, 10 lainnya pergi ke Malaysia, Thailand, Kamboja. Nggak ada yang ke kita," tegas Jokowi di depan para menteri Kabinet Kerja kala membuka rapat terbatas yang membahas perkembangan perekonomian dunia.


Vietnam. Negara yang dulu begitu tertutup kini telah berubah menjadi salah satu kekuatan ekonomi baru. Bahkan saat ini pertumbuhan ekonomi Vietnam adalah yang terbaik di antara negara-negara ASEAN 6.




Baca: Ekonomi Vietnam Terbaik di ASEAN 6, RI Nomor Berapa?

Pertumbuhan ekonomi yang ciamik saja sudah menjadi modal besar bagi Vietnam untuk menarik minat investor. Ekonomi yang tumbuh merupakan potensi cuan, yang tentu tidak ingin dilewatkan oleh pemilik modal.

Mengutip World Investment Report keluaran United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), sebenarnya secara nominal jumlah investasi asing yang masuk ke Indonesia lebih tinggi ketimbang Vietnam. Misalnya pada 2018, investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) yang masuk ke Indonesia adalah US$ 21,98 miliar sementara Vietnam 'cuma' US$ 15,5 miliar.

Namun dalam periode 2013-2018, realisasi FDI di Vietnam tumbuh 74,16%. Indonesia? Tumbuh sih, tetapi 16,79% saja.

 

(BERLANJUT KE HALAMAN 2)
Ini yang Membuat Vietnam Begitu Menarik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading