Menko Darmin: B30 Mulai Oktober, B100 5 Tahun Lagi

News - Efrem Limsan Siregar, CNBC Indonesia
29 August 2019 20:53
Menko Darmin sebut B30 mulai Oktober atau November mendatang
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan kebijakan biodiesel 30% bisa dimulai bulan Oktober atau November. Sementara untuk B100, masih dalam tahap kajian dan kemungkinan baru mulai beberapa tahun lagi.

Ia menuturkan saat ini B30 masih tahap uji coba dan akan berakhir tengah September. "Kita prediksi bisa laksanakan dan diumumkan setelah pengetesan selesai Oktober, paling lambat November," katanya, Kamis (29/8/2019).




Dengan penggunaan B30, diperkirakan akan menekan konsumsi solar hingga 3 juta KL. Sekaligus, ini jadi juru selamat RI dari tekanan negara-negara besar Eropa terhadap komoditas kelapa sawit.

Pemerintah juga tengah menyiapkan investasi untuk hasilkan B100. "Tapi namanya bukan B100 tapi Green Diesel, mudah-mudahan dimulai dalam waktu 5 tahun kita akan bisa hasilkan 7 juta KL."

Jika investasi dimulai, produksi green diesel harusnya bisa dikejar dalam 3 tahun dan penggunaannya bisa digunakan dalam 5 atau 6 tahun mendatang. Bukan cuma biodiesel, tapi juga avtur bisa dihasilkan dari investasi kilang tersebut.

"Dan kita mudah-mudahan tidak lagi mengimpor segala macam itu," tegasnya.

Menko Darmin: B30 Mulai Oktober, B100 5 Tahun LagiFoto: B50 Ditargetkan Di Akhir 2020



(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading