Catat! Calon Lokasi Ibu Kota Baru Sudah Dikuasai Pemerintah

News - Efrem Siregar, CNBC Indonesia
20 August 2019 19:12
Menteri Bappenas menegaskan calon lokasi ibu kota baru sudah diakusai pemerintah, spekulan akan rugi sendiri.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro bicara soal lokasi Samboja di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim) yang jadi lahan spekulasi oleh spekulan tanah. Ia menegaskan lokasi yang bakal jadi lahan ibu kota baru sudah dikuasai oleh pemerintah.

"Kalau spekulasi itu risiko yang melakukan sendiri, artinya itu bukan karena intervensi pemerintah. Tapi lokasi yang akan dipilih adalah lokasi yang sudah dikuasai pemerintah," kata Bambang di Jakarta, Selasa (20/8).



Bambang mengatakan pemerintah tidak akan melakukan mengganti rugi karena membeli lahan dari para spekulan tanah. Ia bilang lokasi ibu kota baru akan menggunakan lahan yang sudah di bawah kendali pemerintah. 

"Jadi spekulasi ya menurut saya akan merugikan diri sendiri kecuali melihat dalam tempo yang masih jauh ke depan," katanya.

Bambang sempat memberikan kode keras soal lokasi persis calon ibu kota baru Indonesia di Kalimantan. Mantan Menkeu ini mengungkap lokasi ibu kota baru berada persis di tengah-tengah wilayah Indonesia.




"Kalau Indonesia begini luas, jaraknya jangan terlalu ekstrem dengan wilayah. Kita cari lokasi tengah, jadi jatuhnya di Selat Makassar," kata Bambang dalam acara diskusi di Jakarta, Selasa (20/8)

Bambang memang tak menyebut langsung lokasi ibu kota, tapi bila mencermati dari lokasi Selat Makassar yang disebut Bambang, lokasi yang terdekat adalah di Kalimantan Timur. Di Kalimantan Timur lokasi yang kini sedang jadi buah bibir adalah Kecamatan Samboja, Kukar Kartanegara.

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading