Begini Cara WNI di Kopenhagen Rayakan Kemerdekaan RI

News - sef, CNBC Indonesia
18 August 2019 08:43
Begini Cara WNI di Kopenhagen Rayakan Kemerdekaan RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Walaupun diawali hujan cukup deras, namun tidak menghalangi masyarakat dan diaspora yang tinggal di Denmark untuk tetap datang dan mengikuti upacara khidmat di KBRI Kopenhagen dengan Dubes RI untuk Denmark M. Ibnu Said bertindak sebagai pembina upacara.

Sebagian dari mereka yang tinggal di daerah Jutland rela menempuh waktu sekitar 4 hingga 5 jam untuk ikut memeriahkan HUT RI. Tidak hanya mereka yang tinggal di Denmark, terdapat juga mereka yang tinggal di kota Lund, terletak di perbatasan Swedia dan Denmark, juga turut meramaikan. Sebagian besar dari mereka hadir dengan mengenakan pakaian daerah.

"Walaupun hujan, namun masyarakat dan diaspora Indonesia tetap antusias mengikuti upacara. Masyarakat Indonesia selalu semangat dan siap untuk memajukan Indonesia. Indonesia unggul, Indonesia maju," ujar Dubes Ibnu Said dalam rilis yang diterima CNBC Indonesia, Minggu (19/8/2019).



Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, perayaan hari kemerdekaan RI di Kopenhagen dimeriahkan oleh goyangan musik dangdut. Penyanyi dangdut Kristina sengaja terbang dari Jakarta khusus untuk menghibur masyarakat Indonesia yang tinggal di Denmark pada HUT RI ke-74 ini.

"Ini pertama kalinya saya menyanyi di Kopenhagen dan juga pertama kalinya menyanyi sebanyak ini dalam acara yang diselenggarakan KBRI. Itu karena masyarakat Indonesia di Denmark ini sangat baik-baik dan asik-asik sehingga saya lupa sudah menyanyi berapa lagu," ujar Kristina.

Masyarakat yang hadir pun melambaikan bendera merah putih ketika lagu "Tanah Air" dan "Indonesia Pusaka" dinyanyikan bersama-sama. Tidak hanya itu, Kristina juga memenuhi permintaan warga Denmark untuk menyanyikan lagu "To Love Somebody".


Berbagai perlombaan khas 17an, seperti lomba bakiak, tarik tambang dan balap karung baik oleh anak-anak maupun dewasa. Tidak hanya WNI, warga Denmark yang merupakan friends of Indonesia juga memeriahkan mengikuti perlombaan. Seperti Mads, Mark, dan Rasmus, alumni darmasiswa yang selalu menyempatkan diri untuk hadir pada acara-acara yang diselenggarakan KBRI Kopenhagen.

"Kami sebagai alumni darmasiswa senang berada di sini. Walaupun cuaca tidak terlalu mendukung tapi semua berjalan lancar," ujar Rasmus. Sedangkan Mads mengatakan bahwa dia selalu menanti acara di KBRI Kopenhagen karena satu-satunya tempat dimana dia bisa menikmati makanan Indonesia di Kopenhagen.

Pada acara ini juga diserahkan hadiah bagi pemenang berbagai macam kompetisi olah raga yang diadakan dalam serangkaian HUT RI Ke-74 ini, seperti memancing, bulu tangkis, dan tenis meja.

Berdasarkan data dari Danmark Statistik, pada tahun 2018 tercatat 979 WNI yang tinggal di Denmark dengan 363 laki-laki dan 616 perempuan.

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading