Misi Jokowi Lewat APBN: Produk Lokal Kuasai Mal Luar Negeri

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
15 August 2019 19:03
Misi Jokowi Lewat APBN: Produk Lokal Kuasai Mal Luar Negeri
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tak akan ragu menggelontorkan anggaran dalam jumlah besar untuk membuat produk Indonesia bisa berjaya di pusat perbelanjaan di negara lain.

Hal tersebut dikemukakan Jokowi di depan ratusan pengusaha dalam pembukaan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dan Parade Merk Lokal Indonesia Tahun 2019 di Mall Senayan City, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

"Nanti pemerintah akan bantu menyiapkan. Nggak tahu apakah ada anggaran marketing yang bisa dicover pemerintah," tegas Jokowi.


"Cari mall strategis misalnya di Malaysia, Singapura, Filipina, Hong Kong, Vietnam, kuasai separuhnya, isi merek-merek kita," katanya.

Misi Jokowi Lewat APBN: Produk Lokal Kuasai Mal Luar NegeriFoto: Presiden Joko Widodo meresmikan gedung baru Sekretariat ASEAN di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Kamis (8/8/2019). (dok. BPMI Setpres/Muchlis Jr)


Jokowi mengaku merasa sedih, terutama saat berkunjung ke negara lain. Pasalnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tidak melihat satupun brand Indonesia yang mampu eksis di negara tersebut.

"Saya sedih kadang-kadang datang ke negara lain, banyak restoran Thailand, tetapi Indonesia tidak ada. Ini membangun sebuah brand negara ya ini. Mestinya Sari Ratu ada di mana-mana," keluh Jokowi.

Jokowi mengaku akan mengundang para pengusaha mall bertemu untuk membicarakan hal ini. Menurutnya, sudah saatnya bagi produk lokal unjuk gigi di pasar internasional.

"Pakaian hijab kita kenapa tak sewa mal di Dubai, Abu Dhabi? Arab? yang berkaitan dengan fashion muslim kenapa tidak? Itu harus ada feeling business yang kuat," tegas Jokowi.

"Secara teknis nanti kita ketemu. Saya sudah punya bayangan yang akan dilakukan. Kerja sama pemerintah dan swasta jangan sampai putus."



(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading