Luhut: Jangan Berpikir Sempit Soal China!

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
13 August 2019 21:40
Luhut: Jangan Berpikir Sempit Soal China! Foto: Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (CNBC Indonesia/ Efrem Limsan Siregar)
Jakarta, CNBC Indonesia - China menjadi salah satu negara dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Menko Bidang Kemaritiman Luhut B Pandjaitan menilai, hal tersebut membuat Indonesia banyak mengadaptasi teknologi dari Negeri Tirai Bambu tersebut.

Luhut mengirim 20 orang perwakilannya untuk menekuni dan belajar mengenai metodologi terkait teknologi China, yang belum diadaptasi Indonesia.

"Kita lihat memang China sangat maju. Ada 20 anak-anak muda kita belajar metodologi ke China untuk pelajari yang kita belum punya," kata Luhut dalam gelaran Indonesianisme Summit 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (13/8/2019).



Ia mengatakan, dirinya mengaku kagum dengan perkembangan teknologi di China. Hal itu dirasakannya saat mengunjungi kawasan industri di China beberapa waktu lalu. Kawasan industri di China, segala kegiatan dilakukan dengan efisien melalui automasi.

Luhut sempat mengunjungi sembilan industri dan hampir tidak melihat manusia bekerja. Dari mata kepalanya, semua serba robotik, otomatis, dan semua memiliki pusat riset.

"Mereka sangat disiplin, fokus dan sangat cepat. Ini yang akan kita tantang," tutur Luhut.





"Jadi belajar itu tak kenal kata batasan ke negara manapun termasuk China. Sepanjang mereka (China) tidak menjajah kita, biarin saja. Ilmu itu ke mana saja kita cari. Jadi kita jangan juga sempit berpikir bahwa ini China. Ya kalau kita bodoh ya kita ditipu oleh dia. Tapi kalau tahu apa yang boleh dan tidak dilakukan, ya tidaklah. Amerika pun sama," tegas Luhut.

"Kalau kita masih asik berkelahi, tidak melihat suatu loncatan teknologi tadi, kita tidak bisa bersosialisasi dan menyerap itu, kita akan ketinggalan," kata Luhut. (hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading